Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Nasional ACT Sukses Salurkan Rp1,6 Miliar Donasi Masyarakat Sumsel ke Sulteng

ACT Sukses Salurkan Rp1,6 Miliar Donasi Masyarakat Sumsel ke Sulteng

Tanggal : Pukul :
317
0
Marcom ACT Sumsel Eka Hardianti ditengah anak anak korban gempa tsunami di pengungsian kota Palu. F:Poetra/Detik Sumsel
Marcom ACT Sumsel Eka Hardianti ditengah anak anak korban gempa tsunami di pengungsian kota Palu. F:Poetra/Detik Sumsel

Palu, Detik Sumsel- Demi misi kemanusiaan ACT Sumsel salurkan Rp1,6 miliar rupiah bantuan dari masyarakat Sumsel ke masyarakat kota Palu, Sigi dan Donggala yang menjadi korban Gempa dan Tsunami beberapa waktu lalu.

Uang Rp1,6 milyar tersebut dalam bentuk program disalurkan untuk 50 posko pengungsian, terdiri dari 1 posko induk, 14 posko wilayah dan 7 posko unit,  serta 26 posko dapur umum, 1 posko foodtruck dan 1 posko medis.

Eka Hardiyanti Mpd selaku Marcom ACT Sumsel menjelaskan bantuan tersebut disalurkan dengan bentuk program-program kemanusiaan terpusat. “Semua donasi yang masuk ke ACT akan dijadikan program kemanusiaan yang terpusat dari seluruh Indonesia kemudian disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan,” jelas Eka, Jumat (26/10).

Mekanisme sendiri dijelaskan oleh Eka yang juga di sapa Akrab Dekha ini, bisa dilakukan dengan 3 cara yakni dengan transfer, datang ke ACT, atau jemput bola, usai diserahkan ke ACT atau diterima donasi tersebut langsung di rancang sebagai program untuk disalurkan ke yang membutuhkan baik didalam maupun luar negeri.

“Intinya donasi itu dipastikan terkelola dan terlalu serta tersetruktur dengan baik oleh ACT ke tangan masyarakat yang membutuhkan,” jelas Dekha.

Mengenai distribusinya, lanjut Dekha, sesuai dengan kebutuhan yang ada di lapangan. Untuk kasus Palu, Sigi dan Donggala misalnya, dibagi menjadi dua sesi yakni Emergenci dan recovery atau pemulihan. “Untuk emergency pendistribusiannya berupa berdirinya posko-posko,” paparnya.

Sementara bantuan logistik lainnya berupa makanan dan kebutuhan pokok lainnya, sedangkan tahap pemulihan atau recovery dari donasi Masyarakat Indonesia disalurkan berupa pembuatan hunian atau shalter serta bangunan pokok rumah ibadah, kamar mandi dan lainnya.

“Bertujuan memulihkan kehidupan masyarakat atau korban bencana, “jelasnya yang juga menambahkan jika masa pemulihan bisa memakan waktu yang cukup lama.

Berdasarkan data ACT ada 223.751 jiwa yang hingga kini mengungsi di Sulawesi Tengah, sedangkan yang meninggal dunia sebanyak 2.113, yang hilang 16.335 jiwa dan yang luka berat  2.549 jiwa, sedangkan gempa susulan hingga hari ini mencapai angka 762 kali lebih dengan skala berbeda beda. (vot)

Data ACT Terkait Bencana di Sini Palu Donggala
Data ACT Terkait Bencana di Sigi Palu Donggala

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here