Iklan
Pemprov
Sempro merupakan salah satu syarat kelulusan mahasiswa yang dilaksanakan untuk menguji kemampuan mahasiswa dalam pemahaman akademik dan penulisan tugas akhir.

77 Mahasiswa KPI UIN RaFa Ikuti Sempro Skripsi

Palembang, Detik Sumsel- Puncak pelaksanaan seminar proposal (Sempro) skripsi yang digelar oleh Program Studi (Prodi) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN Rafah) Palembang diikuti sebanyak 77 mahasiswanya di akhir tahun 2020 ini. (30/12).

Sempro merupakan salah satu syarat kelulusan mahasiswa yang dilaksanakan untuk menguji kemampuan mahasiswa dalam pemahaman akademik dan penulisan tugas akhir, dan Sempro adalah gerbang pertama sebelum menuju ujian lainnya seperti ujian kompre maupun ujian munaqosah. Karena tanpa melalui tahapan kelulusan sempro maka mahasiswa tidak bisa melanjutkan skripsinya.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Dr. Achmad Syarifuddin, MA. mengatakan bahwa ini merupakan pencapaian yang fantastis.

“Kaarena kita ketahui bahwa untuk melaksanakan seminar proposal bukanlah suatu hal yang sembarangan, apalagi sampai 77 mahasiswa diujikan dalam 1 bulan,” ujarnya.

Dikatakan, keseriusan para mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya akan menambah deretan percepatan/ketepatan dalam penyelesaian studi sehingga dalam waktu 8 semester mereka dapat selesai menjadi Sarjana.

Baca Juga :   Jalin MoU, International University of Africa Berikan Kuota untuk Santri Darul Huffaz

“Bahwa kami mengacu pada penyelesaian studi tepat waktu, Mahasiswa dipacu agar segera menyelesaikan tugas akhirnya adalah dengan ujian sempro skripsi. dilanjutkan dengan proses perbaikan-perbaikan dari penguji dan pembimbingan agar menjadi layak sebagai skripsi,” jelas Dekan FDK yang biasa dipanggil pak Syarif.

Masih menurut Achmad Syarifudin, bahwa ini akan menambah poin akreditasi terutama dalam ketepatan penyelesaian studi di FDK UIN Rafah Palembang.

“Tentunya, penyelesaian studi tepat waktu bukan berarti asal selesai, namun melalui proses verifikasi, pembimbingan oleh dosen dan checking plagiarism melalui prodi dapat memastikan bahwa penyelesaian studi tepat waktu tetap mengacu pada standar dan ketentuan yang ditetapkan,” tegasnya.

Terpisah, Neni Noviza, M.Pd selaku Kaprodi KPI didampingi oleh Sekprodi KPI, Muhammad Randicha Hamandia, M.Sos, menyebutkan bahwa ini adalah cara agar mahasiswa bisa selesai tepat waktu.

“Meskipun memang ada faktanya kami pun merasa kelelahan dalam melayani yang mau ujian sempro ini. Tapi ini sudah menjadi tugas dan kewajiban kami agar anak didik kami bisa selesai tepat waktu,” ujarnya.

Baca Juga :   ASN di Pagaralam Usia Diatas 50 Dianjurkan Tidak Masuk Kerja

Neni pun merasa bangga ketika bisa mendukung mahasiswa prodi KPI agar bisa selesai tepat waktu, mengingat prodi KPI telah meraih akreditasi A. “Maka haruslah dijaga aspek-aspek penting yang ada didalam poin-poin akreditasi seperti kelulusan mahasiswa yang tepat waktu dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Senada dengan Kaprodi KPI, Muhammad Randicha Hamandia, M.Sos mengatakan bahwa pihaknua tidak mau asal saja menerima mahasiswa yang mau sempro.

“Jujur saja kami merasa senang ketika ada 77 mahasiswa yang bisa sempro diakhir tahun 2020 ini,” jelas Sekprodi yang biasa dipanggil Randicha.

“Prodi KPI dalam melaksanakan seminar proposal sebanyak 77 mahasiswa di bulan ini, dan hari rabu inilah puncaknya, yang mana selama ini kito ketahui ujian itu paling banyak 10 sampai 12 orang sebulan tapi ini kami mencoba mensupport mahasiswa kami agar bisa selesai studinya tepat waktu,”tandasnya. (Rilis Humas UIN RaFa).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Lewat Bina Darma, Kompetensi Guru dan Siswa SMK di Sumsel Meningkat

SMK Methodist 2 dan SMK PGRI Tanjung Raja Kerjasama dengan Universitas Bina Darma Palembang, Detik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *