Iklan

Detik
Pemprov

7 Program Jurus Polsek Gunung Megang 

Muara Enim, Detik Sumsel – Kepolisian sektor (Polsek) Gunung Megang meluncurkan tujuh program menarik sebagai upaya peningkatan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang ada di wilayah hukumnya.

Tujuh program tersebut yakni My Job My Adventure (MJMA), Polisi Peduli Sesama (PPS), Kontrol Keliling (Koling), Ngobrol Perkara Iman dan Kamtibmas (Ngopi Kamtibmas), Sapa Hargai Jabat dan Olahraga (Sahabat Olahraga), Kwgiatan Kepolisian yang Ditingkatkan (KKYD), dan Polisi Sahabat Anak.

“MJMA ialah kegiatan patroli ke daerah-daerah yang sulit dijangkau dengan harapan masyarakat dapat merasakan kehadiran Polisi di tengah masyarakat,” ujar Kapolsek Gunung Megang AKP Feryanto, Sabtu (16/3).

Untuk program PPS, yakni program sosial untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah atau masyarakat yang berada di garis kepolisian.

Kemudian progran Koling yakni melibatkan peran aktif masyarakat untuk membuat Siskamling sebagai daya tangkal untuk menciptakan kamtibmas di lingkungan masing-masing. “Setiap malam kami sempatkan untuk mengontrol Siskamling ke beberapa desa,” kata Fery.

Baca Juga :   Bupati Pantau Kesiapan TPS

Selanjutnya program Ngopi Kamtibmas dimaksudkan untuk menambah ilmu dan keimanan. Menurut Fery, keimaman ialah faktor untuk meniadakan gangguan keamanan. “Ketika keimanan masyarakat tinggi, kami percaya tingkat keamanan pasti tinggi juga,” ungkapnya.

Untuk menunjang pelaksanaan tugas kondisi fisik yang prima juga harus dijaga yakni dengan program Sahabat Olahraga. “Program ini berupa olahraga sepakbola, futsal serta gowes,” imbuh Fery.

Polsek Gunung Megang juga mempunyai program preventif untuk mencegah tindak pidana di wilayah hukumnya. Upaya preventif yang ada berupa KKYD

“KKYD merupakan salah satu dari ketujuh program kita, dengan tujuan untuk pengungkapan kasus, prepentif untuk mencegah tindak pidana seperti patroli, razia, dan juga pengungkapan kasus yang sudah menjadi target operasi,” lanjutnya.

Baca Juga :   Kuasa Hukum: "Ahmad Yani Tak Pernah Terima Fee"

Terakhir program yang dimiliki oleh Polsek Gunung Megang adalah Polisi Sahabat Anak. Hal ini dilakukan agar anak-anak terbiasa bersahabat dengan polisi dan mampu menghindarkan para generasi muda dari tindak pidana ataupun kenalan remaja dimasa remajanya nanti.

“Program kita yang terakhir kita sebut Polisi Sahabat Anak. Kenapa dinamakan demikian karena generasi muda merupaka n generasi penerus bangsa sehingga masa depan bangsa ini akan berada ditangan mereka. Oleh karena itu kita adakan program ini supaya anak-anak merasa dekat dengan polisi dan mampu menghindari dirinya dari perbuatan yang melanggar hukum,” tutup Ferryanto.(ndi)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

About Andi Ardian

Avatar

Check Also

PTBA Bantu Korban Siklon Tropis Seroja NTT

Muaraenim, Detik Sumsel- Bantuan logistik untuk warga korban bencana angin kencang Siklon Tropis Seroja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *