Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Kriminal 7 Kali Tunda Vonis, 4 Pemuja Sabu Hanya Diganjar 2 Tahun Bui

7 Kali Tunda Vonis, 4 Pemuja Sabu Hanya Diganjar 2 Tahun Bui

Tanggal : Pukul :
307
0
Empat sekawan pemuja sabu saat jalani sidang vonis di PN klas 1A khusus Palembang.
Empat sekawan pemuja sabu saat jalani sidang vonis di PN klas 1A khusus Palembang

Palembang, Detik Sumsel,-
Empat sekawan terdakwa kasus kepemilikan sabu sebanyak 4 paket dengan berat 0,326 Gram, yang dibekuk saat pesta sabu, M. Arif Munandar, Maesha Tri Wibowo, Rudi Hartono dan Anton Suwanda nampaknya dapat Bernafas lega lantaran divonis pidana penjara selama 2 tahun dan dinyatakan sebagai pemakai, pada persidangan di PN Klas 1 A khusus Palembang, Kamis (27/6).

Vonis hakim yang berdasarkan sumber SIPP PN Klas 1A Khusus Palembang sebanyak 7 kali tertunda lantaran para terdakwa tidak dihadirkan oleh JPU Anggara Suryanegara SH MH tersebut ternyata Adalah separuh dari masa hukuman tuntutan JPU yakni 4 tahun penjara.

Sependapat dengan JPU, Keempatnya oleh majelis hakim PN Palembang dinyatakan bersalah menyalahgunakan atau memakai dan mengkonsumsi narkotika untuk diri sendiri melanggar pasal Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dengan ancaman maksimal 4 tahun penjara.

Usai mendengar vonis hakim, para terdakwa melalui kuasa hukumnya Yakni Advokad Syarkowi Wijaya SH dan Bustanul Fahmi SH MH menyatakan pikir-pikir, yang juga disusul dengan pernyataan JPU Anggara.”Kami pikir-pikir Majelis,” Terang keduanya.

Diketahui keempat terdakwa, awalnya sekira pukul 12.00 WiB saksi Obab Al Arie F, SH Bin Mustofa, saksi Maulana Agus Salim, SH Bin H. Sulaiman dan rekan-rekan satu tim dari Satnarkoba Polresta Palembang mendapat informasi bahwa di rumah terdakwa III. RUDI HARTONO Bin JASADIN di Jalan R. Soekamto Lr. Amalia RT. 31 RW. 01 Kel. Pipareja Kec. Kemuning Palembang sering terjadi transaksi Narkotika, sehingga untuk mengecek kebenarannya mereka menuju ke lokasi dimaksud.

Sesampainya di tempat tersebut kemudian mereka masuk ke dalam rumah dan mendapati terdakwa I. M. ARIF MUNANDAR Bin RASLAN bersama-sama dengan terdakwa II. MAESHA TRI WIBOWO Bin RAKIJAN, terdakwa III. RUDI HARTONO Bin JASADIN dan terdakwa IV. ANTON SUWANDA Bin SUWANTO sedang berada dalam rumah.

Selanjutnya mereka melakukan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap seluruh badan dan barang-barang dalam rumah tersebut, dengan hasil ditemukan Narkotika jenis Shabu yang berada dalam kaca pirek dengan berat netto 0,011 gram, 1 (satu) buah alat hisap Shabu/bong (tutup botol warna orange), 1 (satu) buah korek api gas warna warna biru yang ditemukan dibelakang rumah dan 1 (satu) buah plastik klip bening sisa pakai Narkotika jenis Shabu dengan berat netto 0,007 gram yang ditemukan di selipan dinding kayu.

Setelah ditanyakan para terdakwa mengakui Narkotika jenis Shabu tersebut adalah miliknya yang merupakan sisa pakai pada hari itu.Atas kejadian tersebut para terdakwa beserta seluruh barang buktinya langsung diamankan ke kantor Polresta Palembang guna proses hukum lebih lanjut.(vot)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here