Gran Fondo
Tujuh tersangka penyelundupan solar ilegal saat dihadirkan di Mako Polairud Polda Sumsel

50 Ribu Liter Solar Ilegal Gagal Diselundupkan ke Pulau Bangka

Palembang, Detik Sumsel — Minyak ilegal jenis solar sebanyak lima puluh ribu liter diangkut dengan lima unit truk yang akan diselundupkan ke Pulau Bangka berhasil digagalkan anggota Direktorat Polairud Polda Sumsel Rabu (21/11).

Minyak solar yang tidak dilengkapi dokumen perniagaan maupun izin pengangkutan ini diamankan diatas kapal Feri KM Darma Kartika I diperairan Sungai Bungin, Tanjung Api-Api, Kabupaten Banyuasin yang akan berlayar dengan tujuan pulau Bangka.

Selain mengamankan minyak solar sebanyak 50 ribu liter beserta lima unit truk, polisi juga mengamankan tujuh orang, lima diantaranya sopir dan dua orang sebagai pengurus.

Ketujuh orang tersebut masing-masing Apriandi (33), Herman Pelani (28), Kusnadi (35), Dimas Regi Martdeni (30), Didi Junaidi (42), Edi Supriadi (45) dan Deni Sastra (22).

Baca Juga :   Pengusaha Truk Minta Kemudahan Transportasi Arus Barang

Direktur Polairud Polda Sumsel Kombes Pol Imam Thabroni mengatakan lima truk yang diamankan berisi 50 ribu liter minyak illegal jenis solar yang diamankan diatas kapal Feri dengan tujuan ke pulau Bangka. Untuk mengelabui petugas truk yang digunakan untuk mengangkut solar bak nya sudah dimodifikasi oleh pemiliknya.

“Saat dimintai surat menyuratnya berupa dokumen perniagaan atau izin pengangkutan nya sopir maupun pengurus mereka tidak bisa menunjukkan. Sehingga kami duga minyak yang akan dibawa ke pulau Bangka ini ilegal,”katanya saat pres rilis di Mako Polairud Polda Sumsel Kamis (29/11) sore.

Dikatakan mantan Direktur Polairud Polda Banten ini, untuk dari mana asal minyak tersebut dirinya mengatakan masih akan didalami termasuk kemungkinan ada oknum aparat yang terlibat untuk menyelundupkan minyak ilegal ini ke pulau Bangka.

Baca Juga :   Kapolda Sumsel: Motif Penembakan di Prabumulih Terkait Hutang Piutang

“Berdasarkan pengakuan dari tujuh orang yang kami amankan mereka baru melakukan aksi penyelundupan. Tapi masih akan kami dalami lagi keterangan ketujuh orang yang kami amankan ini,”ujarnya.

Untuk dijual kemana minyak solar tersebut dirinya menduga kemungkinan besar minyak solar ini akan dijual ke industri yang ada di Pulau Bangka.

“Ketujuh tersangka yang kami amankan dijerat dengan Pasal 53 Undang-undang No 22 tahun 2001 tentang Migas dengan ancaman hukuman penjara empat tahun dan denda 40 miliar,”pungkasnya.(oji)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Fauzi

Avatar

Check Also

Dua Jam Api Berkobar, Sembilan Rumah Jadi Arang

Palembang, Detik Sumsel — Kebakaran hebat melanda pemukiman padat penduduk di Jalan Kiai Marogan Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *