Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Politik Harapkan Lintas Politika Turut Serta dalam Kesuksesan Pilkada

Harapkan Lintas Politika Turut Serta dalam Kesuksesan Pilkada

Tanggal : Pukul :
364
0
Harapkan Lintas Politika Turut Serta dalam Kesuksesan Pilkada
'Lounching Kepala Daerah Pilihan Rakyat' dalam rangka 11 Tahun Lintas Politika Indonesia

Palembang, Detik Sumsel – Jelang Pilkada serentak yang akan diadakan di 7 Daerah tingkat Kabupaten Sumatera Selatan mendatang, prakarsa dari berbagai lembaga sangatlah diharapkan dalam kesuksesan Pemilihan Kepala Daerah. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, S.H dalam kegiatan ‘Lounching Kepala Daerah Pilihan Rakyat’ dalam rangka 11 Tahun Lintas Politika Indonesia, Jumat (24/01) malam.

Ketua Mahkamah Konstitusi priode pertama (2003–2008) itu juga menyampaikan, bahwa prakarsa dari berbagai lembaga tersebut dapat berfungsi untuk mengingatkan penyelenggara mauapun calon peserta.

“Itu dilakukan untuk memastikan proses penyelenggaraan Pilkada yang berintegritas dan berkualitas, sehingga dapat lebih baik dari Pilkada sebelumnya,” kata Jimly Asshiddiqie di Ballroom Emilia Hotel Palembang, Jumat (24/01).

Dikatakannya, dalam penyelenggaraan Pilkada, saat ini masih banyak terdapat suatu permasalahan yang harus diperbaiki, baik dalam mentaati peraturan. “Kualitas dan Integritas penyelenggara masih belum baik, walaupun sudah mengalami perbaikan dari waktu ke waktu berkat adanya Bawaslu dan DKPP. Tetapi tetap harus kita tingkatkan, apalagi kualitas dan integritas peserta,” ujarnya.

Baca Juga :   Berikan Tips dan Strategi Jadi Wakil Rakyat

Ia juga menuturkan, bahwa kualitas dan integritas peserta saat ini masih banyak belum memiliki suatu perubahan. “Itu semua karena didorong semangat untuk bersaing secara tidak sehat,” kata Akademisi Indonesia yang pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden tahun 2010 tersebut.

Menurutnya, untuk mengatasi hal tersebut, sebuah tindakan tegas harus dilakukan tanpa tebang pilih. “Kalau misalnya peserta itu curang, ya jangan dimenangkan. Sanksinya ya dikalahkan, jangan dimenangkan bahkan dicoret saja atau Diskualifikasi,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Angkatan Muda Keluarga Palembang Darussalam (AMKPD) Kota Palembang, Nandriani Octarina., S.Psi., CHA menyampaikan apresiasinya terkait kegiatan yang diadakan oleh Lintas Politika Indonesia.

Menurutnya, kegiatan tersebut bukan merupakan kegiatan yang sengaja mendukung salah satu kandidat, namun kegiatan tersebut manpu menjembatani para kandidat dalam berkomunikasi untuk mensukseskan Pemilukada serentak yang akan diadakan pada tahun ini untuk lebih damai.

“Sumatera Selatan kan Zero Konflik, jadi kita harus membangun hal tersebut, ya didemokrasikanlah pada hari ini. Dan bapak Kemas Khairul Muklis ini juga menggagas dengan baik dengan dihadiri bapak Jimly dari Jakarta yang juga merupakan tokoh politik yang sangat senior,” ungkap Ketua IKA Psikologi Unsri tersebut.

Baca Juga :   Ingin Terpilih Jadi Wakil Rakyat? Ikuti Workshop Ini

Sementara itu, Direktur Eksekutif Lintas Politika Indonesia, Kemas Khoirul Mukhlis mengatakan, melalui Hari Ulang Tahun (HUT) Lintas Politika Indonesia yang ke 11, pihaknya akan tetap komitmen mengusung visi dan misi untuk mewujudkan dinamika politik dan dinamika berdemokrasi yang santun dan berbudaya.

Menurut Mukhlis, era teknologi yang berkembang saat ini sering kali dimanfaatkan masyarakat sebagai alat untuk menyerang seseorang, baik menjadi alat produksi hoax hingga menyerang karakter.

“Itu merupakan fenomena yang tidak baik. Disini Lintas Politika akan berupaya melalui Pilkada di 7 Kabupaten ini untuk dapat memberikan edukasi politik di tengah masyarakat, bahwa berdemokrasi politik itu tidak mesti dengan kompetisi yang saling negatif Campaign ataupun Black Campaign, tetapi bisa dengan santun dan berbudaya,” pungkasnya. (Wira)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here