Pemerintah Sumatera Selatan
TAG TOYOTA
BANK INDONESIA
17 Agustus 2020
Beranda Muara Enim 35 Hektar Lahan Tidur di Lubai Bakal Jadi Lahan Cetak Sawah

35 Hektar Lahan Tidur di Lubai Bakal Jadi Lahan Cetak Sawah

Tanggal : Pukul :
296
0
35 Hektar Lahan Tidur di Lubai Bakal Jadi Lahan Cetak Sawah
Ilustrasi

Muara Enim, Detik Sumsel – Apa yang dicanangkan Desa Jiwa Baru, Kecamatan Lubai Kabupaten Muara Enim patut diacungi jempol. Soalnya, Kecamatan Lubai, Kabupaten Muara Enim, khususnya di Desa Jiwa Baru mencanangkan 35 hektar lahan tidur untuk dijadikan lahan cetak sawah.

“Ada sekitar 35 hektar lahan tidur di Desa Jiwa Baru, di Kecamatan Lubai akan direncanakan untuk dijadikan lahan cetak persawahan kedepannya nanti. Saat ini sudah di garap sekitar 10 hektar lebih telah dibuat cetak sawah yang segera dimanfaatkan masyarakat,” kata Camat Lubai Edi Supriyanto pada Detik Sumsel, Senin (13/7).

Terkait hal itu, ia sangat mengapresiasi sekali apa yang telah di canangkan oleh Pemerintah Desa Jiwa Baru ini dalam memanfaatkan lahan tidur di desanya untuk dijadikan lahan yang bermanfaat. Apalagi, program ini untuk mendukung  program ketahanan pangan di Kabupaten Muara Enim, khususnya di Kecamatan Lubai.

Baca Juga :   Soal OTT Bupati Muara Enim, Herman Deru: Saya Kehilangan Teman

“Saya sangat apresiasi sekali, karena ini merupakan suatu potensi. Apalagi ini mendukung ketahanan pangan kita. Mudah-mudahan program ini segera teralisasi hingga 35 hektar nantinya,” tutur Edi.

Ia menambahkan, selama ini masyarakat Lubai tahunya hanya padi ladang. Dengan dibukanya cetak sawah ini, ia berharap agar warga masyarakat dapat membuka lahannya yang ada di dekat areal cetak sawah ini untuk membuka lahan persawahannya.

“Ini potensi sekali, apalagi akan menghasilkan padi dan beras. Dengan begitu, program ini bisa mendukung beras di Kabupaten Muara Enim, khususnya di Kecamatan Lubai,” harapnya.

Baca Juga :   PT TEL Gelar Sunat Massal

Sedangkan, Kepala Desa Jiwa Baru Panji Lesmana mengatakan, lahan yang digarap untuk cetak sawah ini menggunakan dana Desa Jiwa Baru. Untuk saat ini sekitar 10 hektar lebih sudah digarap. Nantinya, cetak sawah akan memanfaatkan aliran irigasi primer dan skunder dari Sungai Lubai dan Sungai Ayah Puhun.

“Untuk itu kami juga membutuhkan bantuan dan dukungan dari Pak Plt Bupati, khususnya Pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam mengelola lahan tidur ini untuk dijadikan lahan petak sawah. Seperti saluran irigasi, sarana umum, jalan dan juga sarana lainnya,” tutupnya.(ndi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here