Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah 319 Koperasi di Lahat Mati Suri

319 Koperasi di Lahat Mati Suri

Tanggal : Pukul :
478
0
Tampak kondisi koperasi simpan pinjam di lahat yang tidak aktif lagi. Foto Heru/DS

Lahat, Detik Sumsel — Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lahat mencatat, dari total 408 koperasi di Kabupaten Lahat, 319 diantaranya dalam status mati suri. Minimnya usaha yang dimiliki kopersi, membuat sejumlah koperas kini mengalami gulung tikar.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lahat, Drs H Masroni, melalui Kabid Perizinan dan Kelembagaan Koperasi, Nurlela menyatakan, begitu banyaknya koperasi mati suri ini, disebabkan keuangan yang tidak sehat. Upaya memberikan bantuan pun sudah dilakukan, agar koperasi ini dapat berjalan.

“Sebagian besar koperasi yang mati suri, merupakan koperasi simpan pinjam. Biasanya anggota yang pinjam, tidak mengembalikan. Sehingga keuangan koperasi jadi tidak sehat,” jelasnya, Senin (15/10).

Menurutnya, dahulu koperasi tumbuh lantaran menerima bantuan, baik dari provinsi maupun pusat. Hanya saja setelah bantuan itu dikucurkan, anggota minjam tapi tidak mengembalikan. Untuk dapat bantuan dari Kementerian Koperasi dan UKM, koperasi harus mempunyai sertifikat, nomor induk koperasi yang dikeluarkan Kementerian Koperasi dan UKM.

“Saat ini paling untuk pelatihan dan penyuluhan saja yang ada anggarannya. Untuk koperasi yang ingin dapat bantuan, ada sertifikat khusus, biar koperasi tidak tumbuh mejamur saat ada bantuan,” ucapnya.

Nurlela merinci, dari 89 koperasi aktif, 60 koperasi simpan pinjam, 16 koperasi jasa, sembilan koperasi produsen, dan masing-masing satu koperasi produksi dan pemasaran. Untuk melakukan pembubaran koperasi, juga ada ketentuan khusus yang harus terpenuhi.

“Kami tidak bisa sembarangan membubarkan. Jadi saat ini kami hanya bisa melakukan pembinaan dan pengawasan, agar koperasi tetap sehat secara rutin,” tutupnya. (heru)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here