Iklan Iklan
Pemprov
Ilustrasi

250 Calon Jamaah Haji Lahat Tidak Berangkat Tahun Ini

Lahat, Detik Sumsel – Tahun ini sebanyak 250 calon jamaah haji asal Kabupaten Lahat, kembali gigit jadi harus menunda rencananya untuk menunaikan ibadah haji. Pasalnya Kementerian Agama Republik Indonesia telah memutuskan, tidak memberangkatkan seluruh jamaah haji asal Indonesia ke tanah suci Mekkah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lahat, Drs H Rusidi Dja’far MM, melalui Kasi Pelaksana Haji dan Umroh Drs H M Gandil Sakni MM mengatakan, hingga saat ini belum ada pengumuman resmi dari Pemerintah Arab Saudi berapa kuota yang diberikan. Hal ini bukan hanya untuk Indonesia tapi seluruh negara di dunia.

Baca Juga :   Jenazah Iqbal Bocah SD Hanyut, Belum Ditemukan

“Kalau ada yang menyebutkan pembatalan karena Indonesia tidak mendapat kuota, itu tidak benar. Itu karena kesehatan dan keselamatan jamaah, lebih utama dan harus dikedepankan,” kata Gandil, Minggu (6/6).

Menurut Gandil, selama ini yang bisa menunaikan Ibadah Haji merupakan penerbangan domestik. Yaitu penerbangan dimana keberangkatan dan kedatangan berlangsung di negara yang sama. Pemerintah Indonesia tidak memberangkatkan jamaah haji tahun 2021 ini, karena pandemi Covid-19 yang masih melanda.

Untuk seluruh calon jamaah haji asal Kabupaten Lahat diharap tetap sabar dan tenang. Pihaknya tetap akan berkoordinasi dengan terkait informasi terbaru. Sedangkan jika ada calon jamaah haji berkeinginan menarik kembali setoran lunas Bipih yang telah dilunasi, dapat langsung berkonsultasi ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lahat.

Baca Juga :   Pendemi dan Ancaman Kepunahan Spesies Manusia

“Untuk penarikan setoran, tentunya sesuai dengan syarat dan ketentuan Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021, tentang pembatalan pemberangkatan jamaah haji pada penyelenggaraan haji tahun 1422 H/2021 M,” jelas Gandil. (Heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Jatanras Polda Sumsel Ringkus Komplotan Pencuri Buah Sawit Milik PT Andira Agro

Palembang, Detik Sumsel — Anggota Unit 1 Subdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel meringkus delapan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *