Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Banyuasin 2020 Dermaga Sri Menanti – Karang Baru Layani Angkutan Mobil dan Truk

2020 Dermaga Sri Menanti – Karang Baru Layani Angkutan Mobil dan Truk

Tanggal : Pukul :
495
0

Pangkalan Balai, Detik Sumsel – Harapan masyarakat Kecamatan Sumber Marga Telang agar wilayah ini dapat dilintasi kendaraan roda empat nampaknya dalam waktu tidak lama lagi bisa terwujud. Pasalnya, Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin akan membangun jembatan dan meningkatkan jalan akses menuju pelabuhan penyeberangan Sri Menanti (Tanjung Lago) – Desa Karang Baru (Sumber Marga Telang) dapat suport dari Kementerian Perhubungan RI. Dimana pihak Kemenhub akan menyediakan kapal penyeberangan 200 gt dan menyiapkan anggaran APBN Rp 37 Miliar untuk mewujudkan rencana tersebut.

Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH menegaskan akan membangun jembatan dan meningkatkan jalan akses menuju pelabuhan penyeberangan Sri Menanti (Tanjung Lago) – Desa Karang Baru (Sumber Marga Telang). “Keberadaan Dermaga ini sangat penting bagi masyarakat setempat dan sekitarnya,” kata Askolani di Ruang Kerjanya, Senin (22/07) seusai menerima kunjungan kerja Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VII Provinsi Sumsel-Babel Mangasi Sinaga.

Baca Juga :   Warga Talang Kelapa Ngeluh Aliran PDAM

Menurutnya Pemerintah Daerah melihat bahwa intensitas atau volume kegiatan masyarakat di Kecamatan Muara Telang dan Sumber Marga Telang untuk ke Daratan maupun sebaliknya cukup tinggi.

Efek domino ditingkatkannya dermaga ini diharapkan agar terjadi pertumbuhan ekonomi yang signifikan. “Kami nilai memang memiliki potensi ekonomi cukup besar. Selain itu dinilai mampu membantu meringankan beban masyarakat.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VII Provinsi Sumsel-Babel Mangasi Sinaga membeberkan Kementerian Perhubungan akan melanjutkan pembangunan pelabuhan Sri menanti dan menyediakan kapal penyeberangan 200 gt.

Baca Juga :   Warga Banyuasin Bisa Urus KTP, SIM, Perizinan di OPI Mall

“Dengan dermaga itu nantinya bisa menyeberangkan kendaraan roda 4 dan roda 6. Adapun nanti nilai anggaran pada APBN senilai 37 milyar,” kata Sinaga usai Audiensi bersama Bupati Banyuasin.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Drs. Anthony Liando, M.Si menjelaskan hasil audiensi Bupati Banyuasin dan Pihak Kementerian Perhubungan, pihak Pemkab menyanggupi pembangunan jembatan dan peningkatan akses jalan menuju dermaga pada APBD-P tahun 2019 ini.

“Jika itu terlaksana, Kemenhub merencakan pada tahun 2020 jalur penyeberangan tersebut sudah beroperasi,” kata Anthony Liando. (Diskominfo/PKP)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here