Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah 18 Kendaraan Dinas, Masih Dipegang 3 Mantan Pejabat Lahat

18 Kendaraan Dinas, Masih Dipegang 3 Mantan Pejabat Lahat

Tanggal : Pukul :
284
0
Bupati Lahat, Cik Ujang SH didampingi unsur FKPD menunjukkan aset yang sudah dikembalikan. Foto Heru/DS

Lahat, Detik Sumsel — Kendaraan dinas milik Pemkab Lahat yang selama ini dikuasai oleh sejumlah mantan pejabat, mulai masuk ke dalam kandang. Hal ini diutarakan langsung oleh Bupati Lahat, Cik Ujang SH, didampingi Wabub Lahat, Haryanto SE MM MBA, saat berada di Kejaksaan Negeri Lahat.

Tutur Cik Ujang, Pemkab Lahat sudah melakukan MOU dengan Kejari Lahat, untuk segera melakukan penyitaan aset negara yang dikuasai secara pribadi oleh mantan pejabat, pensiunan dan lainnya. Hal itu bakal dilakukan, jika tindakan persuasif berupa surat permintaan untuk pengembalian aset tetap tidak diindahkan.

“Sudah ada beberapa yang dikembalikan. Seperti H Saifudin Aswari, sudah mengembalikan semua,” ujarnya, Kamis (18/7) lalu.

Kendaraan dinas milik Aswari yang telah dikembalikan diantaranya, dua mobil jenis Land Cruiser dan Honda CRV, serta satu unit motor. Untuk sisa lainnya, Pemkab Lahat mendata masih ada tiga mantan pejabat lainnya, yang masih menguasai aset negara. Baik berupa kendaraan, maupun bangunan.

“Untuk yang belum mengembalikan, akan segera kita berikan surat imbauan. Bila masih ingin menguasai, kita akan minta pihak Kejari ambil tindakan tegas,” ucap Cik Ujang.

Sementara, Kejari Lahat Jaka Suparna SH didampingi Kasi Intel Bani Ginting SH membeberkan, saat ini masih ada 18 kendaraan dinas yang dikuasai oleh tiga mantan pejabat. Diantaranya 3 unit kendaraan di mantan Bupati Lahat, Marwan Mansyur, mantan delapan unit di mantan Ketua DPRD Lahat, Herliansyah, dan tujuh unit kendaraa di mantan Wakil Ketua I DPRD Lahat, Parhan Berzah.

“Kita apresiasi atas tindakan Saifudin Aswari. Sebelum surat peringatan dilayangkan, aset negara sudah dikembalikan. Semoga ini bisa dicontoh mantan pejabat lainnya,” kata Jaka, Minggu (21/7). (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here