Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Liputan Khusus 15 Paket Jalan Provinsi dalam Tahap Pengerjaan

15 Paket Jalan Provinsi dalam Tahap Pengerjaan

Tanggal : Pukul :
577
0
Grafis/Ilustrasi: Raam/Detik Sumsel

Lipsus, Detik Sumsel- Berdasarkan data dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBM-TR) Provinsi Sumatera Selatan dari 1.514 km jalan yang menjadi tanggung jawab Provinsi Sumsel, 185 km nya dalam kondisi rusak.

Plt Kepala Dinas PUBM-TR Provinsi Sumsel Darma Budhy mengatakan, bahwa saat ini sebagian jalan yang rusak dalam tahap penanganan. Ada yang dalam proses pengerjaan dan ada yang dalam proses lelang.

“Jalan yang rusak berat khususnya ada di daerah OI, OKU, dan OKU Timur. Ada 15 paket pengerjaan yang kita prioritaskan, karena rusak berat,” ujarnya.

Untuk anggaran yang digelontorkan untuk perbaikan jalan 15 paket tersebut sebesar Rp 364 miliar atau sepertiga dari total anggaran 2019 yaitu lebih dari Rp1 triliun.

Baca Juga :   Gubernur Sumsel Apresiasi Kegiatan IKA PMII Sumsel di Griya Agung

Tercatat, ada sebanyak 15 paket pengerjaan peningkatan jalan yang mulai dikerjakan Dinas PUBM-TR Provinsi Sumsel dan ditargetkan H-5 lebaran sudah tuntas.

Grafis: Raam/Detik Sumsel

Adapun 15 paket pengerjaan peningkatan jalan tersebut yakni diantaranya peningkatan jalan SP Kepuh-Kurungan Nyawa, peningkatan jalan Kurungan Nyawa-Gumawang, peningkatan Kurungan Nyawa-Gumawang (DAK), peningkatan jalan Gumawang-Petanggan, pemeliharaan berkala BTS OKI-SP Kepuh, pemeliharaan berkala Kurungan Nyawa-Martapura, peningkatan jalan Batas Kabupaten OI-Lubuk Batang, peningkatan jalan Muara Dua-Kota Batu-Batas Provinsi Lampung.

Kemudian, peningkatan dan pelebaran jalan Sekayu-Batas Muara Enim, peningkatan jalan Tanjung Raja-SP Tambang Rambang, peningkatan jalan SP Tambang Rambang-Batas OKU, peningkatan jalan SP Sugi Rawas-Batas Lahat, peningkatan jalan Muara Siban-SP Embacang, peningkatan jalan SP Periuk-Tugumulyo-Terawas, peningkatan jalan Terawas-Taba Tinggi-Maur.

Baca Juga :   100 Hari Program Kerja HDMY Cukup Memuaskan

“15 paket jalan ini sudah layak nantinya untuk dilalui sebelum lebaran. Memang untuk pengaspalan belum dilakukan, kemungkinan nanti setelah lebaran baru dilakukan,” katanya.

Namun menurutnya, dapat dipastikan sebelum lebaran jalanan tersebut bisa layak dilalui dan tidak menyebabkan kemacetan arus mudik. Saat ini progress pengerjaan sudah mencapai 10 persen untuk 15 paket pengerjaan tersebut.

“Secara total ada 60 paket pengerjaan jalan dan jembatan. Namun kita utamakan 15 paket terlebih dahulu, disusu 21 paket yang dalam tahap lelang. Sisanya akan dikerjakan setelah lebaran,” pungkasnya.(tet)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here