Detik
Wakil Walikota dan Forkopimda Kota Pagaralam Saat memberikan Bantuan Bantuan Bibit Kopi, Padi, Jagung dan Alat Pertanian Kepada Kelompok

14 Ribu Kopi Bakal Diremajakan Kembali

Pagaralam, Detik Sumsel – Kementrian Pertanian RI, kembali memberikan bantuan kepada Kota Pagaralam. Hal ini karena Kota Pagaralam merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Perhatian khusus yang dilakukan Menteri Pertanian ini dibuktikan dengan memberikan Bibit unggul kopi jenis Robusta  langsung dari Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balitri) kepada Kelompok Tani Pagaralam. Selasa (2/10).

Bantuan bibit yang diberikan sebanyak 14 ribu batang. Ribuan bibit ini akan diberikan kepada 10 Kelompok Tani (Poktan) yang ada di empat kecamatan di Pagaralam dan akan ditanam di 9 hektar lahan kebun kopi.

PLT Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura, Hellen Phornica mengatakan, bantuan bibit kopi ini didapat karena hasil dari kunjungan pihak Balitri ke Pagaralam. Tim Balitri menilai kondisi petanian di Pagaralam sangat potensial untuk pengembangan tanaman kopi jenis Robusta.

Baca Juga :   Kenakan Kemeja Nyentrik, Herman Deru Semangati Seluruh Tenaga Medis di Sumsel

“Kita mendapat bantuan sebanyak 14 batang bibit kopi jenis Robusta dari Balitri. Bantuan ini akan dibagikan kepada petani diempat kecamatan yang ditanam di 9 hektar lahan,” ujarnya.

Selian mendapat bantuan bibit kopi, petani Pagaralam juga mendapat bantuan bibit lainnya yaitu bibit jagung, padi serta bantuan alat pertanian dari pihak pemerintah pusat.

“Kita juga mendapat bantuan bibit padi untuk 1.000 hektra sawah. Kita juga mendapat bantuan alat pertanian berupa handtraktor, pompa air dan raise transplenter dan alat pertanian lainnya. Hal ini membuktikan bahwa Pagaralam menjadi perhatian dari pusat,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Pagaralam, Muhammad Fadli mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada Dinas Pertanian dan Holtikultura atas usaha dan kerja kerasnya hingga petani Pagaralam bisa mendapat bantuan dari pusat. Hal ini diharapkan bisa terus dilakukan agar bantuan lainnya bisa didapat.

Baca Juga :   Paparan Gubernur Sumsel Direspon Cepat Kementrian PUPR

“Bantuan kopi ini bersenergi dengan program Pemkot Pagaralam yaitu 1 juta kopi stek atau kopi sambung. Diharapkan bibit unggul ini akan dapat digunakan dengan baik agar kita bisa mendapat bantuan lagi,” ujarnya.

Wako mengharapkan pihak dinas dapat melakukan pengawasan kepada kelompok tani yang menjadi penerima bantuan. Pasalnya dikabar ada beberapa oknum petani yang mendapat bantuan namun tidak memiliki lahan.

“Ini harus menjadi perhatian dari pihak dinas pertanian. Jadi sebelum memberikan bantuan harus dicek dan kroscek dahulu siapa akan menerima agar tidak salah,”pungkasnya.(rendi)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC

About Rendi Pagaralam

Avatar

Check Also

Licin Bagai Belut, DPO Perampokan Penumpang Speedboat Patah Kaki Setelah Terjun dari Jembatan

Palembang, Detik Sumsel — Terkenal licin seperti belut karena selalu lolos dari sergapan polisi. Saribi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *