Iklan
Pemprov
Ketua KPU Kabupaten PALI, Sunario SE

1.549 DPT untuk PSU, Petugas KPPS di Empat TPS Diganti

PALI, Detik Sumsel- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) memperkirakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 4 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten PALI akan digelar pertengahan bulan April 2021 mendatang.

Informasi itu disampaikan Ketua KPU Kabupaten PALI, Sunario SE, usai melakukan rapat konsolidasi di Kantor KPU PALI, Jumat (26/3)

Dia mengatakan pada tanggal 22 Maret putusan Mahkamah Konsitusi (MK) untuk melaksanakan PSU selama 30 hari kerja.

“Pada tanggal 22 kemarin sudah dihitung, jadi kami menghitung berakhir 3 Mei, tapi kami tidak berakhir di 30 hari itu, InsyAllah dilaksanakan pertengahan bulan April, tapi tanggal belum ditentukan karena ini kami konsultasi KPU Provinsi dan KPU RI, karema KPU RI juga mengaktifkan yang namanya Sirekap, jadi kita konsultasikan dengan KPU RI dengan tahap-tahap, setelah disetujui KPU RI dan KPU Provinsi maka kita menetapkan jadwal hari PSU dengan keputusan KPU, ke depannya pihaknya lebih selektif dan ketat jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Sunario.

Baca Juga :   Limbah Medis Berserakan Di Depan Puskesmas Lahat

Dia menegaskan petugas Kelompok Penyelengaraan Pemungutan Suara (KPPS) di empat TPS yakni TPS 6 Desa Tempirai, 8 Desa Babat, 9 Desa Air Itam dan TPS 10 Desa Air Itam, akan diganti semua dan merekrut KPPS ulang.

“Kami memohon dari semua pihak terutama teman-teman Bawaslu untuk mengawasi jangan sampai kami salah merekrut orang, siapa tau mereka tim sukses pada pemungutan 9 Desember lalu kita tidak tahu makanya kami transparan terkait perekrutan KPPS semampu kami semaksimal kami untuk membekali memberikan bimbingan teknis pada saat PSU,” ujarnya.

Lanjut Sunario, ke depannya Daftar hadir tidak boleh ditanda tangan KPPS wajib itu ditanda tangan pemilih, jika pemilih tidak mampu tanda tangan hadir maka KPU akan menyiapkan cap jempol.

Baca Juga :   Tambah Kekuatan Lini Belakang, Sriwijaya FC Datangkan Erwin Gutawa

Disinggung untuk kesiapan logistik, Sunario menegaskan sudah siap mulai dari surat suara dan bilik dan lainnya.

“Hari ini (26/3) kita undang Paslon 1 dan Paslon 2 membuka gudang logistik dan mengecek kelengkap logistik kita, terutama surat suara, kotak surat suara dan bilik pencoblosan,” kata Sunario.

Untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di empat TPS yakni berjumlah 1549 belum di tambah pemilih tambahan dan pindahan akan berhak juga.

“Yang terdaftar DPT, DPTb dan DPPh, berhak juga karena ini pilih ulang. Surat suara untuk PSU sudah tersedia sebanyak 2000 surat suara, bertulis PSU. Memang sebelumnya sudah ada surat suara bertuliskan PSU. Itu setiap KPU yang melaksanakan Pilkada di wajib cetak surat suara bertuliskan PSU sebanyak 2000 surat suara PSU,” jelas Sunario.(ril)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Kurir COD Tidak Bertangung Jawab Atas Isi Kiriman

Palembang, Detik Sumsel – Banyaknya konsumen yang melakukan kekerasan terhadap kurir pengiriman barang Cash Operational …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *