Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Liputan Khusus Waspadai 1.173 TPS Sangat Rawan di Sumsel

Waspadai 1.173 TPS Sangat Rawan di Sumsel

Tanggal : Pukul :
656
0
Ilustrasi/Grafis: Raam/Detik Sumsel

Lipsus, Detik Sumsel- Pelaksanaan Pemilu 2019 serentak yakni Pileg dan Pilpres sebentar lagi akan digelar, aspek pengamanan mulai dari distribusi surat suara dimulai hingga usai pencoblosan menjadi hal yang paling diperhatikan.

Bahkan, di Sumsel sendiri terkait keamanan hal yang menjadi atensi khusus dari Polda Sumsel yakni tercatat dari hasil pemetaan ada sebanyak 1.173 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang masuk kategori sangat rawan dan ini menjadi prioritas yang diperhatikan.

Pihak Kepolisian melakukan pengawasan saat dilakukan perakitan kotak surat suara (Foto: Tohir/Detik Sumsel)

TPS-TPS kategori Aman, Rawan, dan Sangat Rawan ini yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di Sumsel ini sudah dipetakan Polda Sumsel (Lihat Grafis).

Baca Juga :   Enam Petugas KPPS di Sumsel Meninggal, KPU: Rekapitulasi Tidak Meski 24 Jam

Sekitar 1400 personil Polda Sumsel diterjunkan untuk mengamankan Pileg dan Pilpres 17 April 2019 mendatang. 1400 personil ini akan disebar diseluruh wilayah Kabupaten/kota se Sumsel.

Kabag Bin Ops Biro Operasi Polda AKBP Erwin SE mengatakan, dari sekitar 1400 personil Polda Sumsel yang diterjunkan untuk pengamanan Pileg dan Pilpres 17 April 2019 nanti tidak termasuk dari personil Brimob Polda Sumsel.

KPU Palembang melibatkan warga untuk melakukan pelipatan surat suara. (Foto: Tohir/Detik Sumsel)

“Ada sekitar 10 pleton atau sekitar 300 personil Brimob yang turut diterjunkan dalam pengamanan Pemilu 2019 di Sumsel,”katanya.

Dari sekitar 1400 personil yang akan diterjunkan sebenarnya kurang, namun kekuatan personil bisa ditutupi dengan adanya tambahan 10 pleton personil dari Brimob dan ditambah lagi lima pleton personil dari Sabhara.

Baca Juga :   Ramai-ramai Anak Tauke Karet Setop Kuliah

“Kalau pada Pilkada kemarin ada beberapa wilayah yang dianggap rawan, wilayah tersebut perbatasan antara Palembang dan Banyuasin dikawasan Plaju Darat namun pada saat pelaksanaan Pilkada tidak terjadi kerawanan tersebut,” tuturnya.

Untuk Pileg dan Pilpres 17 April 2019 secara umum di wilayah Sumsel diprediksi relatif aman. “Semua personil Polri Polda Sumsel yang akan diterjunkan dalam pengamanan Pemilu 2019 sudah siap seratus untuk menjaga keamanan,”pungkasnya.(oji)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here