Pemerintah Sumatera Selatan
Beranda Daerah Warung Waralaba Dilarang Buka di Desa

Warung Waralaba Dilarang Buka di Desa

Tanggal : Pukul :
335
0
Warung Waralaba Dilarang Buka di Desa
Tampak bangunan warung waralaba di Lahat. Foto Heru/DS

Lahat, Detik Sumsel — Kian menjamurnya usaha warung waralaba, seperti Indomaret dan Alfa Mart ke wilayah desa di Kabupaten Lahat. Membuat Bupati Lahat Cik Ujang SH dan Wakil Bupati Lahat Harianto SE MM, ambil langkah tegas. Melakukan stop pemberian izin, bagi pelaku usaha yang ingin mambangun warung waralaba di desa.

“Jangan lagi diberi izin. Kalau sudah menjamur sampai ke desa-desa, warung-warung kecil yang jadi mata pencaharian masyarakat bisa mati,” tegas Cik Ujang, Senin (17/2) lalu.

Baca Juga :   Keceriaan Anak anak Ditengah Musibah Banjir

Kepala DPM dan KTSP Lahat, Heri Alkahfi membenarkan adanya arahan tersebut. Distopnya penambahan warung waralaba di desa itu, tujuannya agar perputaran perekonomian di masyarakat terus berjalan. Memberikan kesempatan pada masyarakat untuk mengembangkan UKM, tanpa harus bersaing dengan pengusaha besar.

“Untuk di Kota Lahat, masih diperbolehkan. Itu setelah adanya kajian dari pemerintah, baik lokasi dan tempat. Jangan sampai matikan UKM disekitar berdirinya minimarket,” kata Heri Alkahfi.

Baca Juga :   Ditinggal Jumatan Satu Rumah Ludes Terbakar

Lanjut Heri Alkahfi, bagi pengusaha minimarket yang telah ada di desa, silakan dilanjutkan. Namun jangan sampai lalai akan kewajibannya pada pemerintah, seperti perizinan. Jika izin habis segera di perpanjang, tidak perlu harus diingatkan dengan surat.

“Soal izin, jangan pura-pura lupa. Tidak mau ke kantor, bisa melalui online. Kalau izin tidak dijalankan, kita akan pinta penegak perda untuk ambil tindakan tegas,” ucap mantan Kasat Pol PP Lahat ini. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here