Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Kesehatan Warga Palembang Pilih Turun Kelas BPJS Kesehatan

Warga Palembang Pilih Turun Kelas BPJS Kesehatan

Tanggal : Pukul :
276
0
Foto: Net

Palembang, Detik Sumsel- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menaikkan iuran BPJS Kesehatan untuk Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja sebesar dua kali lipat dari besaran saat ini. Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan yang diteken Jokowi pada 24 Oktober 2019.

Diketahui, iuran kelas mandiri II dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan kelas II naik dari Rp 51.000 menjadi Rp 110.000 per bulan untuk tiap peserta. Sementara iuran kepesertaan BPJS Kesehatan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan kelas I naik dua kali lipat dari Rp 80.000 menjadi Rp 160.000 per bulan untuk tiap peserta.

Baca Juga :   Pedagang Bendera Dadakan Mulai Ramai

Terkait hal tersebut, ramai-ramai warga peserta BPJS Kesehatan Palembang mengaku akan memilih untuk turun kelas kepesertaan BPJS Kesehatan. Seperti diungkapkan Chandra, ayah dua orang anak ini mengaku merasa keberatan untuk menyanggupi tetap bertahan pada kepesertaan BPJS Kesehatan kelas I.

“Kalau naik dua kali lipat ini saya pilih untuk turun kelas saja, dari kelas 1 turun ke kelas 3 saja. Lebih murah,” ungkapnya.

Senada diungkapkan, Susi. Ia mengatakan, dengan naiknya biaya BPJS Kesehatan tersebut otomatis dirinya akan lebih memilih kepesertaan BPJS Kesehatan pada kelas 3 saja. “Saya ini jarang pakai fasilitas BPJS Kesehatan, tiap bulan saya bayar. Ini bakal naik, lebih baik pindah kelas sajalah,” cetusnya.

Baca Juga :   Ini Enam Tips Jitu Cara Mengasuh Anak Perempuan

Sementara itu, Kabid SDM dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Palembang Hendra Kurniawan mengatakan, pasca beredar isu biaya kepesertaan BPJS Kesehatan bakal naik beberapa waktu lalu sudah banyak warga Palembang khususnya yang minta turun kelas. “Sudah dari bulan September lalu banyak warga yang turun kelas BPJS Kesehatan, relatif mereka turun kelas menjadi kelas 2 dan kelas 3,” ungkapnya.

Dikatakan, saat ini terdata di kota Palembang masih ada sekitar 80.610 orang yang belum terdaftar BPJS Kesehatan. “Kalau yang sudah terdaftar ada sebanyak 1.511.638 orang, kalau di persentase kan sudah 95 persen warga Palembang terdaftar BPJS Kesehatan,” pungkasnya.(fir)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here