Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Kesehatan Wagub Serukan Kabupaten Kota Gaungkan Kembali Program KB

Wagub Serukan Kabupaten Kota Gaungkan Kembali Program KB

Tanggal : Pukul :
118
0
Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya dan Kepala Perwakilan BKKBN Sumsel Drs Waspi saat pembukaan jejaring KLBPK. (Maya/detiksumsel.com)

Palembang, Detik Sumsel – Menyikapi masih tingginya angka pertumbuhan penduduk dengan mengacu pada angka Total Fertility Rate saat ini yakni 2,6, Pemerintah Provinsi Sumsel mengajak seluruh pimpinan kabupaten kota untuk bahu membahu menggaungkan kembali program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya usai membuka kegiatan Forum Jejaring Kemitraan Program KKBPK beberapa waktu lalu di Ballroom Hotel Harper mengatakan, Program KKBPK adalah investasi jangka panjang dan dampaknya akan dirasakan dimasa depan.

Melihat kondisi saat ini, sudah semestinya seluruh kepala daerah memberikan perhatian penuh dan dukungan agar program KKBPK ini dapat berjalan lancar, terutama di daerah pinggiran, tertinggal miskin dan diperbatasan.

Dipaparkan Mawardi, angka TFR sebisa mungkin terus diturunkan dimana saat ini dari 2,6 diupayakan menjadi 2,1 secara bertahap. Diakuinya angka prevalensi penggunaan alat kontrasepsi mengalami peningkatan dari 67,6% menjadi 67,8%.

Namun persentase kebutuhan ber-KB yang tidak terpenuhi (unmeetneed) meningkat menjadi 8,6% dari 8,1%.

“Untuk itulah perlu kerjasama dan dukungan dari seluruh pihak terutama para bupati dan walikota agar berkomitmen melakukan sinkronisasi arah kebijakan dan pengembangan kegiatan program KKBPK serta memperkuat sinergitas lintas sektor antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan seluruh mitra kerja serta berbagai organisasi kemasyarakatan lainnya sehingga dapat mencapai tujuan utama yakni menyejahterakan rakyat dan meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia,”jelasnya, Kamis (31/10).

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Sumsel Drs Waspi menambahkan, kegiatan forum jejaring kemitraan program KKBPK ini mengusung tema meningkatkan dukungan pemerintah daerah dan mitra kerja dalam optimalisasi program KKBPK untuk menuju penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas.

Kegiatan ini diikuti 158 peserta yakni Bupati dan Walikota, Ketua DPRD kabupaten Kota, Kepala OPD KB kabupaten kota dan mitra kerja. Diharapkan dengan berbagai diskusi panel nanti akan ada rumusan yang terbaik demi meningkatkan program KKBPK.

Hadir sebagai Nara sumber diantaranya Direktur analisis dampak kependudukan
Dra hatimu Wardhani MPH, Asisten Bidang Kesra Pemerintah Provinsi Sumsel H Akhmad Najib, anggota DPD RI Jialyka Maharani.(May)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here