Beranda Lahat Usai Lebaran, Permohonan Menikah di Kota Lahat Meningkat

Usai Lebaran, Permohonan Menikah di Kota Lahat Meningkat

Tanggal : Pukul :
299
0
Lahat, Detik Sumsel — Pasca hari raya Idul Adha 1439 H beberapa waktu lalu, permohonan pernikahan oleh masyarakat Kota Lahat mengalami peningkatan. Hingga awal bulan ini sudah tercatat sebanyak 62 pasangan calon pengantin mendaftarkan pernikahan mereka, ke Kantor Urusan Agama (KUA) Kota Lahat.
Kepala KUA Kota Lahat, Khairul Saleh Alwi membenarkan adanya peningkatan jumlah catin yang mengurus untuk melangsungkan akad nikah. Diakuinya memang setiap tahun terjadi, lantaran banyak calon pasangan pengantin menunda melangsungkan pernikahan menjelang Idul Adha.
“Masyarakat masih beranggapan kemarin bulan apit, tidak baik untuk menikah. Padahal itu tidak benar, setiap bulan itu baik semua. Ada juga yang beralasan menunggu sesudah panen,” ujar Khairul Saleh, Rabu (5/9).
Khairul Saleh menerangkan, selama bulan Juli ada 94 pasangan catin yang menikah, Agustus ada 72. Untuk bulan September diperkirakan masih akan bertambah lagi. Untuk wilayah kota saja, catin yang mengambil akad nikah pada Minggu (9/9) ada enam pasang. Sedangkan yang resepsi pada Minggu (9/9) ada 35 pasang.
“Penghulu kita ada empat, termasuk wilayah Kecamatan Lahat Selatan. Walaupun angka permohonan nikah meningkat tidak membuat kita kewalahan, karena sudah terjadwal,” terangnya.
Sementara, Suradi mengatakan, dirinya sengaja memilih tanggal cantik akad nikah persis di tanggal 9, bulan 9, pukul 09.00 WIB. Momen bahagia itu sudah dipersiapkannya sejak lama, dan digelar sakaligus dengan resepsi.
“Nikah kan satu kali seumur hidup, pengen aja dapat momen yang bagus,” ujar calon suami Kamelia, yang menggelar Akada Nikah di Kelurahan Pasar Lama, Kota Lahat ini. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here