Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Kesehatan Ubah Status Jadi RSU, YK Mandira Miliki Dokter Spesialis Lengkap

Ubah Status Jadi RSU, YK Mandira Miliki Dokter Spesialis Lengkap

Tanggal : Pukul :
716
0
Prof. Dr. H. A. Kurdi Syamsuri, SpOG, KFM, MSEd (Owner RSU YK Mandira)

Palembang, Detik Sumsel – Pelayanan dalam berobat kerap kali sangat diharapkan oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya di kota Palembang. Dalam hal ini, guna membatu masyarakat, salah satu Rumah Sakit di kota Palembang yang sebelumnya dikenal dengan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) YK Mandira ubah status menjadi Rumah Sakit Umum (RSU) YK Mandira.

Owner RSU YK Madira, Prof. Dr. H. A. Kurdi Syamsuri, SpOG, KFM, MSEd., menyampaikan bahwa, perubahan status menjadi RSU tersebut merupakan suatu permintaan dari banyaknya masyarakat serta stakeholder-stakeholder yang ada.

“Memang kalau untuk bekerjasama dengan BPJS itu diwajibkan statusnya jadi RSU, sekarang kita meningkat dari RSIA menjadi RSU tipe C berdasarkan SK Walikota Palembang pada Bulan Mei 2019 lalu. RSU tipe C ini wajib memiliki empat dokter spesialis, yakni spesialis Penyakit Dalam, spesialis Penyakit Bedah, Spesialis Ibu Anak, serta Anastesi,” ungkap Kurdi Syamsuri, Rabu (18/09).

Baca Juga :   Lanjutkan Layanan BPJS, RS Bunda Utamakan Kesehatan Masyarakat

Kurdi juga menyampaikan, jika sebelumnya YK Mandira hanya memiliki 50 kamar, namun saat ini RSU YK Mandira akan melakukan peningkatan jumlah kamar sebanyak 75 kamar. “Bahkan bisa ditingkatkan menjadi 100 kamar,” ujarnya.

Masih dikatakan Kurdi, meski memiliki empat dokter spesialis untuk empat bagian, RSU YK Mandira juga memiliki dokter spesialis lengkap sebagai penunjang. “Ada empat dokter penunjang juga, seperti dokter Spesialis Jantung, Spesialis Saraf, Spesialis THT, Spesialis Mata, Spesialis Gigi dan lainnya,” paparnya.

Baca Juga :   Belum Akreditasi, Penyebab BPJS Kesehatan Enggan Kerjasama dengan Tiga RSUD Ini

Dirinya juga menuturkan, bahwa saat ini pihaknya masih tetap fokus pada RSU tipe C yang ada dan belum mengarah untuk melakukan peningkatan lebih, yaitu tipe B.

“Tidaklah mudah untuk meningkatkan menjadi RSU tipe B, karena itu dibutuhkan dokter sub spesialis dan biayanya sangat besar untuk itu. Masyarakat yang berobat dengan BPJS juga kalau di rumah sakit bertipe B harus minta rujukan dari Rumah Sakit tipe C, sedangkan tipe C bisa langsung dilayani,” pungkasnya. (Wira)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here