Beranda Ogan Komering Ulu Tolak Penambangan Batubara, Warga Batumarta Serbu Kantor DPRD OKU

Tolak Penambangan Batubara, Warga Batumarta Serbu Kantor DPRD OKU

Tanggal : Pukul :
553
0

Baturaja, Detik Sumsel — Ratusan warga desa Batumarta Unit 1 hingga unit 3 Kecamatan Lubuk Raja yang mengatas namakan Aliasnsi masyarakat peduli lingkungan Batumarta mendatangi gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kamis (13/9).

Kedatangan ratusan massa ini untuk menyampaikan aspirasi mereka menolak penambangan batubara yang dilakukan oleh PT Selo Agrodedali. Massa yang datang dengan menggunakan 7 unit truk dan Puluhan Sepeda Motor ini diterima langsung oleh langsung Ketua DPRD OKU Zaplin Ipani, Ketua Komisi III Ridar, Yopi Sahrudin, Asisten II Setda OKU Fahrudin Rozi, Kepala Perizinan Hakim Makmun, Kepala Kesbang Pol Taufik diruang Badan Musyawarah.

Sedikitnya 6 tuntutan yang dilayangkan oleh ratusan massa kepada DPRD OKU. Pertama warga menolak adanya penambangan batubara yang dilakukan oleh PT  Selo Agrodedali, Kemudian tuntutan kedua masyarakat meminta agar DPRD OKU menetapkan Batumarta sebagai kawasan agrobisnis yang dituangkan dalam Rencana Tata Ruang  wilayah OKU.

“Kami juga meminta selama proses rancangan daerah tata ruang wilayah diproses seluruh aktifitas penambangan harus dihentikan dan juga kami meminta DPRD menindaklanjuti tuntutan warga terhadap PT Selo Agrodedali,”kata Irsan selaku koordinator lapangan aksi.

Dikatakan Irsan, jika massa menuntut seluruh tuntutan meraka paling lambat 10 hari harus sudah ada jawaban dari DPRD, jika tidak diindahkan maka warga mengancam akan melakukan aksi yang lebih besar lagi.

“Tolong perjuangkan sepenuh hati, jangan setengah hati, jika tidak kami akan membawa massa yang lebih banyak lagi,”pungkas Irsan

Sementara itu pihak DPRD OKU, Yopi Sahrudin mengatakan jika pihaknya akan melakukan koordinasi terhadap pihak terkait mengenai masalah penambangan, karena kata Yopi kewenangan izin pertambangan semua ada di pusat dan provinsi,

“Kita hanya sebatas koordinasi saja. Kalau tuntutan kedua bisa diperjuangkan, mengingat saat ini pihak DPRD sedang melakukan pembahasan 12 Prolegda yang salah satunya terkait rencana tata ruang daerah OKU. Yang jelas massa harus sabar semua butuh proses” Tukas Yopi. (fei).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here