Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Maulid Nabi Muhammad SAW
Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel

Terpidana Korupsi Bibit Karet Pulangkan Rp 700 juta Kerugian Negara

Palembang, Detik Sumsel,- Mudasir Yunus (47), terpidana kasus korupsi tahun 2011 silam di Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), mengembalikan kerugian negara beserta pidana denda dengan total keseluruhan senilai Rp.771.375.000.

Terpidana Yunus sempat buron kurun waktu empat tahun, terhitung dari tahun 2016 lalu, dan berhasil diamankan pada bulan Juli 2020, di sebuah tempat di kawasan Jakarta.

Kasipenkum Kejati Sumsel, Khaidirman SH mengatakan, vonis yang dijatuhkan terhadap Yunus telah diperkuat dengan adanya putusan dari Mahkamah Agung pada tahun 2016 silam.

“ Terpidana ini divonis 5 tahun penjara, denda Rp 200 juta dan membayar uang pengganti sebesar Rp.571.735.000,” ungkap Khaidirman, Selasa (22/9).

Baca Juga :   PKS OKU Serahkan Bantuan APD Untuk Tenaga Medis

Dalam putusan yang dijatuhkan terhadapnya, Yunus divonis bersalah terlibat dalam kasus korupsi pada proyek pengadaan bibit karet, polybag dan saprodi paket III pada Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel tahun anggaran 2011.

Dijelaskan Khaidirman, Yunus saat itu merupakan direktur perusahaan pelaksana proyek tersebut. Ia buron selama 4 tahun, terpidana selama proses hukumnya berjalan, tidak menjalani penahanan. Setelah adanya putusan dari Mahkamah Agung.

“Waktu itu memang tidak ditahan, mulai saat pemeriksaan oleh pihak kepolisian sampai persidangan karena memang tidak ada perintah penahanan.

Baca Juga :   Clean Up Day Tour De Bedegung 2020 And Betta Contes Digelar

Kemudian setelah divonis hakim, terpidana ini mengajukan upaya hukum dan memang juga saat itu belum inkrah. Tapi setelah keluar putusan dari Mahkamah Agung, yang bersangkutan justru melarikan diri,” jelas Khaidirman.

Sedangkan, Kasi Pidsus Kejari Palembang, Dede M Yasin mengatakan, saat ini Yunus sudah menjalani masa penahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Pakjo Palembang.

“Meskipun sudah membayar denda dan kerugian negara, tapi hal itu tidak mempengaruhi putusan terhadap terpidana ini. Justru kalau tidak dibayarkan, maka akan diganti dengan hukuman 1 tahun penjara,” tutupnya.(vot)

H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Poetra

Avatar

Check Also

Kapolda Sumsel Hadiri Peletakan Batu Pertama Rehab GOR di Lahat

Lahat, Detik Sumsel — Rencana rehab gedung olahraga M Hasan yang dibangun Kapolda Sumsel, Irjen …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Sumpah Pemuda