Beranda Kriminal Terancam 7 Tahun Bui, Anggota Dewan Ini Divonis Bebas

Terancam 7 Tahun Bui, Anggota Dewan Ini Divonis Bebas

Tanggal : Pukul :
507
0
Rudi Apriadi saat menjalani sidang Vonis di PN Palembang. F:Poetra/ Detik Sumsel
Rudi Apriadi saat menjalani sidang Vonis di PN Palembang. F:Poetra/ Detik Sumsel

Palembang, Detik Sumsel- Terdakwa dugaan pemalsuan surat tanah, Rudi Apriadi anggota DPRD status Aktif dari Praksi PAN yang Terancam 7 tahun penjara nampak sumringah usai dinyatakan bebas onslag pada sidang di PN Klas 1A Khusus Palembang, Rabu (12/9).

Oleh majelis hakim diketaui Sunggul SH MH bersama anggotanya menyatakan terdakwa bebas dari jerat hukum, lantaran perbuatan tersebut bukanlah tindak pidana melainkan rana perdata atau onslag.

Sebelumnya oleh JPU Edi Suyanto SH MH terdakwa yang berstatus tahanan kota ini di dakwa dengan pasal Pasal 266 ayat (1) KUHP, berbunyi: Barang siapa menyuruh memasukkan keterangan palsu ke dalam suatu akta otentik mengenai sesuatu hal yang kebenarannya harus dinyatakan oleh akta itu, dengan maksud untuk memakai atau menyuruh orang lain memakai akta itu seolah-olah keterangannya sesuai dengan kebenaran, diancam, jika pemakaian itu dapat menimbulkan kerugian, dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun. Serta tuntutan selama 18 bulan penjara.

Terdakwa didakwa atas laporan korban Iskandar Bandarpranata terkait dugaan Pemalsuan Surat pelimpahan hak Tanah seluas kurang lebih 6 hektare di objek daerah Talang Buluh, kecamatan Ilir Barat 1.

Usai mendengarkan Vonis Hakim, Terdakwa melalui penasehat hukumnya tim Advokad diketaui yusmaheri SH MH mengaku menerima putusan tersebut sebelumn sidang akhirnya ditutup.”Hasil persidangan tentu memuaskan, Putusan majelis ini sangat berdasar klien kami memang seharusnya bebas karna tak ditemukan pidana dalan kasus ini,” jelasnya.

Sedangkan Apriadi sendiri mengaku sangat bersyukur dengan hasil proses sidang yang cukup panjang dan memakan waktu ini,”Keadilan hari ini ditegakkan, Ternyata hukum masih ada dan jelas berpihak pada yang benar, Sistem pradilan berjalan dengan baik, Saya lega saya puas, karna dari awal saya tidak salah,” Jelas Rudi yang tak hentinya merasa syukur.

Sedangkan MGS Amin SH juga kuasa hukum terdakwa mengaku sangat puas dengan putusan klienya,”Dari awal saya berkeyakinan dalam kasus ini adanya gagal paham, klien kami tidak salah dan tak pernah melakukan pemalsuan seperti yang di tuduhkan, Dan hari ini benar adanya,” tukasnya. (vot)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here