Beranda Prabumulih Sulap Pemakaman Jadi Taman Rekreasi 

Sulap Pemakaman Jadi Taman Rekreasi 

Tanggal : Pukul :
743
0
Para pekerja tengah mengerjakan pembuatan taman di eks lokasi pemakaman. (Ichal/Detik Sumsel)
Para pekerja tengah mengerjakan pembuatan taman di eks lokasi pemakaman. (Ichal/Detik Sumsel)

Prabumulih, Detik Sumsel – Guna menghilangkan kesan angker di lokasi pemakaman, Pemerintah Kota Prabumulih melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) membangun sebuah taman atau Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Dengan demikian, keberadaan taman yang berada di TPU Desa Muara Sungai, Kelurahan Sungai Medang, Kecamatan Cambai ini diharapkan bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk berekreasi.

Kepala Dinas Perkim, Toni Syalfriansyah SH saat dikonfirmasi mengatakan, saat ini pembangunan taman yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementrian PUPR Satker Penataan Bangunan dan Lingkungan tersebut telah mencapai tahap finishing. Taman yang menelan anggaran kurang lebih Rp 5 Miliar ini didesain dan dikonsep sebagai ruang terbuka hijau.

Baca Juga :   Tinggal 10 Persen, Perbaikan Jalan Lingkar Terus Dikebut

“Kita ingin areal pemakaman tidak lagi dianggap sebagai daerah yang angker. Untuk itu perlu kita buat terobosan dan inovasi dengan membangun taman di dalamnya. Alhamdulillah ada respon dan bantuan dari pusat, sehingga rencana ini bisa terlaksana,” ujar Toni saat dibincangi, Rabu (12/09).

Toni menjelaskan, selain membangun taman, areal joging track dan kolam, lokasi tersebut juga ditunjang dengan adanya bangunan kios untuk sejumlah pedagang. Sehingga para pengunjung baik itu peziarah maupun warga bisa bersantai usai mengunjungi makam.

Baca Juga :   Pemindahan Pedagang di PTM 2 Masih Belum Jelas

“Ada 11 kios yang disediakan untuk pedagang dan kantor pengelola taman. Kedepan taman ini akan dikelola oleh Dinas Sosial dan Dinas Lingkungan Hidup,” jelasnya.

Hanya saja, sambung Toni, untuk penerangan saat ini masih terkendala oleh jaringan listrik. Namun hal tersebut akan diupayakan di tahun depan. Sedangkan untuk kebutuhan air menggunakan sumur bor yang dianggarkan melalui ABT 2018.

“Kita berharap keberadaan taman di TPU ini bisa bermanfaat bagi masyarakat. Karena memang untuk TPU harus memerlukan lahan yang cukup luas. Apalagi pekuburan saat ini sudah berdekatan dengan permukiman penduduk,” tandasnya. (Ichal)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here