Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Olahraga Soal Musorprov KONI Sumsel, Ini Saran Ketua KONI Kota Palembang

Soal Musorprov KONI Sumsel, Ini Saran Ketua KONI Kota Palembang

Tanggal : Pukul :
195
0
Ketua KONI Kota Palembang Suparman Roman (Istimewa)

Palembang, Detik Sumsel – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Palembang Suparman Roman menyarankan kepada KONI Sumatera Selatan (Sumsel), untuk melakukan koordinasi dengan Gubernur Sumsel Herman Deru, mengenai kapan sebaiknya Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) digelar.

“Pentingnya koordinasi dengan Pak Gubernur, karena masih menyangkut kebijakan provinsi baik suport maupun anggaran. Jadi meminta “fatwa” dengan Gubernur Sumsel bagaimana sebaiknya,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (17/9).

Menurut dia, Musorpov KONI Sumsel memang perlu segera digelar agar tak timbul persepsi yang lain atas kebijakan KONI Sumsel. Jika tidak ada kendala lagi, tentu seyogyanya Musorprov segera untuk digelar.

“Karena sudah dua kali mundur kan, nanti takutnya akan timbul pertanyaan dan praduga yang tidak-tidak terhadap pengurus sekarang. Kami dari KONI Kota Palembang mengikuti saja dan maunya smooth saja, jangan sampai ada prasangka-prasangka yang tidak baik,” kata Suparman.

Suparman melanjutkan, dengan digelarnya Musorprov tentu semua akan jelas karena mekanisme organisasi akan terjadi estafet kepengurusan.

Tanpa perlu adanya perubahan-perubahan yang fundamental, sepanjang program yang sudah dilaksanakan pengurus lama sudah baik, bahkan wajib harus dilanjutkan oleh pengurus baru.

“Kecuali apabila ada kebijakan yang tidak fleksibel lagi, khususnya terkait dengan target dalam meraih prestasi,”terangnya.

Terpisah, Plt Ketua KONI Sumsel Dhennie Zainal menjelaskan, dalam waktu dekat ini pihaknya segera melakukan Musorprov. Saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan KONI Pusat, terkait dengan pelaksanaan Musorprov tersebut.

“Pagi tadi ada dua perwakilan dari KONI Sumsel yang sudah berangkat ke KONI Pusat, mungkin Rabi (18/9) besok baru bertemu dengan KONI Pusat. Mereka bertemu untuk membicarakan soal schedule Musorprov kita,” katanya kepada wartawan.

Selain itu, sambung Dhennie perwakilan KONI Sumsel pula akan konsultasi dengan KONI Pusat sekaligus menyampaikan hasil rapat anggota KONI Sumsel 11-12 September lalu.

“Kita berharap ketua umum KONI Pusat bisa hadir langsung ke Musorprov ini karena Musda ini kan forum tertinggi,” jelas Dhennie.

Dhennie menegaskan tidak ada niat dari pihaknya untuk mengulur waktu pelaksanaan Musorprov. Bahkan pihaknya sudah menjadwalkan sejak beberapa bulan lalu untuk menggelar Musorprov.

“Juni kemarin rencananya kita mau gelar tapi mereka (KONI Pusat) belum bisa karena Agustus baru ada pengurus baru. Kemudian Agustus juga rencananya kita mau laksanakan tetapi ada sesuatu hal sehingga harus mundur lagi,” terangnya.

Ia mengatakan jika pelaksanaan Musorprov akan digelar Oktober mendatang. Memang ketua baru sudah didapatkan namun pada November akan ada beberapa kegiatan yakni Porwil, Porprov, Pra PON sehingga dibutuhkan orang yang bertanggung jawab untuk administrasi, pencairan dana dan lain sebagainya.

“Sementara administrasi setelah pemilihan ketua baru memakan waktu hampir sebulan untuk keluarkan SK (Surat Keputusan) sehingga akan terjadi kekosongan. Makanya itu kita konsultasikan dengan KONI Pusat bagaimana baiknya,” ucapnya.

Dhennie menjelaskan setelah sudah didapatkan jadwal Musorprov, barulah akan dibuka pendaftaran bakal calon ketua KONI Sumsel. Setidaknya buruh waktu 21 hari dibuka pendaftaran hingga proses pengambilan maupun pengembalian formulir. Kemudian dilanjutkan dengan verifikasi serta penjaringan.

“Tim penjaringan tidak akan menyebutkan berapa calon yang lolos sehingga saat Musda berlangsung baru akan diumumkan siapa saja yang lolos verifikasi maupun penjaringan,” tukasnya.

Seperti diketahui sejak Januari 2019, KONI Sumsel tanpa Ketum KONI Sumsel definitif pasca Alex Noerdin mundur dari Ketum KONI Sumsel.

Mundurnya mantan Gubernur Sumsel itu kepemimpinan KONI Sumsel beralih ke Dhennie Zainal yang semula sebagai Wakil Ketua I KONI Sumsel menjadi Plh KONI Sumsel.

Namun pada 11 September lalu Dhennie resmi menjadi Plt KONI Sumsel dari hasil Rapat Anggota KONI Sumsel 2019 yang digelar di Hotel Swarna Dwipa. (iyop)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here