Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Ekonomi Sepanjang 2018, PMA Masih Dominasi Investasi di Sumsel

Sepanjang 2018, PMA Masih Dominasi Investasi di Sumsel

Tanggal : Pukul :
793
0
Ilustrasi investasi

Palembang, Detik Sumsel – Sejauh ini sektor perkebunan dan pertambangan masih mendominasi hampir 70 persen lebih, dari total investasi penanam modal dalam negeri (PMDN) maupun penanam modal asing (PMA) yang ada di Sumatera Selatan.

Bahkan dari total target pencapaian investasi triwulan pertama yang mencapai Rp 16,28 Triliun, dua sektor ini masih mendominasi.

“Untuk tahun ini kita menargetkan jumlah investasi yang masuk di Sumsel sampai akhir tahun sebesar Rp 29 Triliun, dan sampai di triwulan pertama sudah tercapai Rp16,26 Triliun. Angka ini jauh lebih besar bila dibandinglan tahun lalu, dimana target sampai akhir tahun sebesar Rp 20 T di 2017 lalu,” ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Payananan Terpadu Satu Pintu Propinsi Sumsel, Megariah, Senin (03/09).

Ia menambahkan, total realisasi investasi yang sudah masuk dari perusahaan yang sudah ada diSumsel saat ini, Rp 3,353 T berasal dari PMDN dan Rp 12,922 T PMA. Muaraenim dan Musi Banyuasin jadi kabupaten kota yang memiliki investor terbesar.

Saat ini dikatakannya, total perusahaan  yang menanamkan modal mencapai 176 perusabaan PMDN dan 86 perusahaa  PMA yang tersebar di 17 kabupaten kota di Sumsel. Dari 17 kabupaten kota tersebut investasi tertinggi berada di kabupaten OKI, yakni perusahaan OKI Pulp dengan total investasi yang ditanamkan mencapai Rp 40,938 T.

Ditambahkannya, total investasi yang tercapai tersebut adalah, total investasi dana yang sudah dikucurkan di tahun berjalan, di luar total rencana investasi yang akan ditananamkan investor disini.

“Kalau melihat kondisi saat ini, kita optimis target Rp 29 triliyun tahun ini akan tercapai. Kita masih memiliki waktu beberapa bulan ke depan untuk mengejar pencapaian tersebut. Apalagi saat ini banyak perusahaan yang berkeinginan untuk meningkatkan kinerja perusahaan yang mengharuskan perusahaan kembali mengucurkan dana dari total investasi yang ditanamkan di perusahaan tersebut,” jelasnya. (May)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here