Beranda Lahat Sembuh Gangguan Jiwa, Pria Ini Dilepas Dari Pasungan

Sembuh Gangguan Jiwa, Pria Ini Dilepas Dari Pasungan

Tanggal : Pukul :
357
0

Lahat, Detik Sumsel — Setelah dibelenggu dalam sebuah bilik berukuran 2×4 meter, sekitar satu tahun sembilan bulan. FT, warga Desa Tanjung Agung, Kecamatan Suka Merindu, Kabupaten Lahat, kini kembali merasakan udara segar. FT terpaksa dipasung keluarganya, lantaran mengidap gangguan jiwa.

Kafrawi, warga setempat yang juga teman akrab FT mengatakan, dirinya sudah mengenal FT sejak kecil. Ia tak begitu tahu apa yang menyebabkan FT mengalami gangguan jiwa, hingga suka mengamuk sendiri. Hanya saja di masa remajanya, FT adalah sosok pria periang, sekaligus pemain bola poly handal di desa.

“Alhamdulillah FT sudah kembali sehat, dan bisa kembali lagi bermasyarakat,” ungkapnya singkat, Minggu (9/9).

Dr Selva Yanti, selaku yang menangangi pengobatan FT selama dipasung menuturkan, sebelumnya FT sempat dibawa ke RS Ernaldi Bahar Palembang, untuk pengobatan medis. Hanya saja pihak keluarga memilih membawa pulang FT, agar bisa diobati secara intensif.

“Saat ini kondisi FT berangsur pulih, dan sudah bisa berobat sendiri ke Puskesmas Suka Merindu. Ini juga berkat kesabaran pihak keluarganya,” tutur Dr Selva.

Sementara, Kepala UPT Puskesmas Suka Merindu Sanikum SKM mengatakan, FT merupakan satu dari enam pasien yang mengalami gangguan jiwa berat, di Kecamatan Suka Merindu. Sebelumnya FT terpaksa harus dipasung, karena pihak keluarga takut FT bakal lari dan melukai warga.

“Yang utama, harus ada perhatian dari keluarga dulu. Penderita gangguan jiwa ini, tidak harus dijauhi apalagi diasingkan. Namun harus dibantu agar lekas sembuh,” kata Sanikum. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here