Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Palembang Sebelum Dilepas ke Habitatnya, Bayi Beruang Madu Ini Diserahkan ke Dinas Kehutanan

Sebelum Dilepas ke Habitatnya, Bayi Beruang Madu Ini Diserahkan ke Dinas Kehutanan

Tanggal : Pukul :
329
0
Forest Sustainabelity Departemen PT Bumi Mekar Hijau (BMH) Cun Cun Mulya Munandar menggendong bayi beruang madu sebelum diserahkan ke Dinas Kehutanan provinsi Sumatera Selatan

Palembang, Detik Sumsel — Seekor bayi Beruang madu yang ditemukan oleh karyawan PT Bumi Mekar Hijau (BMH) dikawasan hutan produksi Simpang Pani, Desa Riding, Kecamatan Pangkalan Lampam, Kabupaten Ogan Komering Ilir pada Juni 2019 lalu. Akhirnya diserahkan ke dinas kehutanan provinsi Sumatera Selatan Senin (14/10).

Forest Sustainabelity Departemen PT Bumi Mekar Hijau (BMH) Cun Cun Mulya Munandar mengatakan saat ditemukan pada Juni lalu usia bayi beruang madu betina dengan nama latin Helarctos malayanus ini diperkirakan baru sekitar dua minggu diduga beruang madu ini terpisah dengan induknya.

“Selama kami rawat sekitar tiga bulan, beruang madu yang beri nama Mekar ini sudah jinak. Hari ini beruang madu ini kami serahkan ke dinas kehutanan. Untuk selanjutnya dikembalikan ke habitat aslinya,”katanya.

Menurutnya, apa yang dilakukan PT BMH merupakan bentuk perlindungan dan pelestarian hewan liar yang dilindungi. “Dengan penyerahan beruang madu ini diharapkan habitat beruang madu dapat berkembang biak dengan baik,”tuturnya.

Sementara itu, Kabid perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem dinas kehutanan provinsi Sumatera Selatan Sumatro mengatakan penyerahan satu ekor bayi beruang madu  dari PT BMH sudah diterima oleh dinas kehutanan provinsi Sumatera Selatan dengan surat berita acara penerimaan.

“Setelah kami terima bayi beruang madu ini akan kami serahkan ke Balai BKSDA untuk dilakukan perawatan, observasi dan penyesuaian terlebih dahulu sebelum dilepas liarkan ke habitat nya,”ujarnya.

Lanjutnya, pihak dinas kehutanan provinsi Sumatera Selatan menghimbau kepada masyarakat yang menemukan, atau yang masih memelihara hewan liar yang dilindungi untuk segera menyerahkan nya ke pihak berwajib.

“Beruang madu salah satu hewan liar yang dilindungi berdasarkan UU 5 No tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya,”pungkasnya.(oji).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here