Beranda Refleksi Santri Adalah Pilar Bangsa

Santri Adalah Pilar Bangsa

Tanggal : Pukul :
392
0
Santri Adalah Pilar Bangsa - Hernoe Roesprijadji
Santri Adalah Pilar Bangsa - Hernoe Roesprijadji

PERANAN santri dimasa lalu, kini, dan yang akan datang akan tetap menjadi hal yang vital dalam mengawal perjalanan bangsa.

Dedikasi dan perjuangan santri dan ulama dalam turut serta dalam mengawal kebangsaan tidak usah diragukan lagi. Santri dan pesantren adalah indentitas negeri ini yang tidak bisa dipisahkan dari sejarah bangsa.

Mbah Hasyim Asyhari, Kyai wahab Hasbulloh, Kyai Wahid Hasyim adalah beberapa dari deretan barisan ulama yang yang mewakafkan seluruh kehidupan nya demi membela bangsa dan negara. Melalui perjuangan dan pemikiran beliau lah bangsa indonesia menemukan arah perjalanannya yang hingga saat ini kita saksikan hingga kini.

Dalam kekinian, Pesantren dan santri nya adalah pilar dalam membangun karakter kebangsaan dan keindonesiaan. Sebagai pilar kebangsaan peranan yang diambil dunia pesantren sesungguhnya sangat strategis. Ditenggah situasi global seperti sekarang ini, tantangan yang dihadapi bangsa semakin kompleks dan beragam. Hegemoni dunia dalam rangka globalisasi memiliki pengaruh signifikan dalam mendorong pergeseran karakter bangsa.

Baca Juga :   Menjadikan Pagar Alam Magnet Wisata Asia

Identitas kebinekaan dan keberagaman yang kita miliki sebagai simbol kekuatan perekat bangsa lama kelamaan semakin terkikis dengan berbaurnya kebudayaan yang bersumber dari luar, baik itu dari materialisme dan fundamentalisme. Pengaruh ini akan semakin menghawatirkan manakala identitas kebangsaan sudah menemukan titik jenuhnya.

Melihat persoalan diatas, keberadaan pesantren dan peranan santri teramat penting guna mengontrol dan menyaring berbagai pengaruh diatas. Setidaknya, proses akulturasi kebudayaan sebagai dampak globalisasi akan mampu diantisipasi melalui pendidikan karakter dalam dunia pesantren.

Baca Juga :   Pemenang Pilkada Sumsel adalah Alex Noerdin

Sebagai generasi penerus, tentu kita semua berharap kedepan peranan lembaga pesantren menjadi sangat strategis dalam mendorong pembentukan karakter kebangsaan dari jalur pendidikan. Perhatian pemerintah tidak setengah hati dan dibiarkan begitu saja, namun digandeng dan berjalan bersama lembaga pendidikan lainnya untuk bersama-sama bergerak dan membangun masa depan bangsa indonesia. SELAMAT HARI SANTRI INDONESIA.

*Penulis adalah Wakil Ketua PWNU Sumsel dan kini menjadi kandidat kuat sebagai bakal calon walikota Palembang. 

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here