Beranda Ekonomi REI Yakin 12 Ribu Unit Rumah di Sumsel Tercapai

REI Yakin 12 Ribu Unit Rumah di Sumsel Tercapai

Tanggal : Pukul :
329
0
Ketua REI Sumsel, Bagus Pranajaya

Palembang, Detik Sumsel – Selama semester pertama tahun ini, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Sumatera Selatan (Sumsel) mencatat realisasi penjualan rumah mencapai 5.300 unit.

Ketua REI Sumsel, Bagus Pranajaya mengatakan, tahun ini pihaknya optimis capai 12 ribu unit baik komersil maupun subsidi.

“Tahun ini kami prediksi bisa realiasi 12 ribu unit,” katanya, Rabu (05/08).

Ia menambahkan, dari total penjualan 12 ribu unit rumah yang ditargetkan tahun ini, pihaknya memproyeksikan 15 persen penjualan untuk rumah bersubsidi sedangkan sisanya untuk perumahan komersial, mengingat perumahan komersial berangsur mulai membaik dan banyak diminati masyarakat.

“Terutama rumah Rp 200 juta hingga Rp 400 juta sudah mulai banyak diincar. Apalagi, saat ini sudah mulai banyak developer mengembangkan perumahan ini,” ujarnya.

Untuk saat ini, realiasi penjualan rumah komersil sudah mencapai 8 persen dari total taget. Kondisi ini dimungkinkan akan naik signifikan di kuartal terakhir tahun ini, karena konsumen mengejar sebelum kenaikan.

Untuk rumah komersial, memang pihaknya baru menjual rumah Februari-Maret, sehingga cukup optimis akhir tahun ini penjualan akan naik signifikan. Apalagi biaya Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) saat ini untuk subsidi hanya Rp 1,5 juta dari sebelumnya Rp 3,5 juta.

Sementara itu, untuk rumah subsidi sendiri tahun ini tetap bergairah, dan masih banyak diminati konsumen.

“Kita yakin rumah bersubsidi masih banyak diminati, meski saat ini lokasi untuk perumahan bersubsidi sudah semakin jauh dari pusat kota,” ungkapnya.

Bila melihat kondisi pasar saat ini dengan daya beli yang mulai membaik, meski daya beli konsumen masih belum begitu pulih, namun dibandingkan tahun lalu, tahun ini penjualan sudah menunjukkan tren positif meski belum sepenuhnya pulih.

“Kita berharap anjloknya nilai tukar rupiah saat ini tidak memberikan pengaruh terhadap daya beli konsumen untuk perumahan, baik rumah bersubsidi atau non subsidi,” jelasnya. (May)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here