Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Refleksi Puasa Muslim Minoritas di Negara Timor Leste

Puasa Muslim Minoritas di Negara Timor Leste

Tanggal : Pukul :
467
0
Puasa Muslim Minoritas di Negara Timor Leste - H. Donny Meilano, S.H.I., M.Sy.
Silaturahmi Sekaligus Berbuka Puasa di Pelosok Timor Leste - H. Donny Meilano, S.H.I., M.Sy

Alhamdulillah tak terasa sudah hampir seminggu puasa di Negara tetangga. Banyak sekali pengalaman didapat, mulai dari bersama-sama dengan muslim yang  kurang dari 1 persen dari jumlah penduduk. Banyak kegiatan dilakukan di Negara ini selain mengisi  kajian-kajian di masjid pusat Umat Islam di Timor Leste. 


Sebagai Dai Ambassador juga terus membuat kegiatan di kedutaan besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Timor Leste.  Bersama Bapak Dubes Bapak Sahat Sitorus insyaallah beberapa hari ke depan kita akan mengelilingi distrik-distrik yang ada di Timor Leste, kita ingin berkunjung kepada saudara-saudara warga Indonesian yang berada di pelosok-pelosok Timor Leste Ini pengalaman yang sungguh luar biasa karena kita bisa melihat bagaimana keadaan dsana yg jaraknya cukup jahu bahkan ada yg berdampingan dengan Australia.

Ternyata kejadian teror bom di Surabaya dan beberapa tempat lainnya di Indonesia berdampak terhadap muslim di Negara Timor Leste, karena beberapa hari yang lalu ketika saya tiba di Timor Leste,  ada berita di medsos saudara-saudara muslim kita disini bahwa ada teroris masuk ke Timor Leste dan diharap berhati-hari. Sedihnya yang dituduh adalah saudara kita muslim asli orang Timor Leste yang ikut aksi da’i Indosiar Asia. Terlihat foto nya menyebar dimana-mana yang kalimat tulisannya di FB tersebut ini Teroris masuk ke Timor Leste, foto tersebut diambil oleh orang yang tak dikenal, aetibanya  Asep (nama saudara kita yang dituduh teroris) di Bandara Timor Leste.

Baca Juga :   Berpendidikan Tapi Tidak Terdidik

Menyedihkan memang selalu saja alamat teror dituduhkan kepada agama kita. Insyaallah Senin ini selaku da’i Ambasador bersama bapak Anwar Dacosta (ketua yayasan An-Nur kota Dili)  ikut peduli dan ikut memberikan aumbang saran terkait kejadian yang menimpa saudara Muslim kita di Timor Leste mudah-mudahan hari ini kita akan mediasi dan akan mencari orang yang menyebarkan berita hoax ini supaya tidak terulang kembali. Tentunya motivasi kita adalah membantu  menjaga kerukunan, toleransi, kedamaian, dan cinta kasih.

Walaupun dengan kejadian tersebut tidak mengurangi semangat saya untuk terus berdakwah di kota Dili Negara Timor Leste ini. Terbukti hari ini kami Rapat bersama staf dari kedutaan Besar Republik Indonesia yang berada di Timor Leste ada beberapa poin yang ingin kami bahas,  salah satunya adalah persiapan untuk ke distrik-distrik yang jaraknya cukup jauh.

Baca Juga :   Bekali Anak dengan Karakter Positif Sejak Dini

Rapat berlangsung di Yayasan an-Nur masjid utama di kota Dili. Dalam hal ini Bapak Duta Besar sangat mendukung kegiatan yang akan dilakukan beberapa hari ke depan tentunya titik-titik tempat yang memerlukan persiapan baik kendaraan, makanan dan perlengkapan lainya. Karena akses di sana  tidak semulus yang kita bayangkan. Maka persiapan harus betul-betul matang.

Harapan Kita setelah rapat,  tempat-tempat yang sudah di pastikan dapat kita kunjungi dan dapat dipersiapkan dengan matang sehingga perjalanan kunjungan serta silaturahmi ke distrik-distrik dapat berjalan dengan baik, dan dapat membawa misi silaturahmi juga mempererat persaudaraan.

Dan saya ingat persis pesan Bapak Duta Besar Indonesia (KBRI) untuk Negara Timor Leste Bapak Sahat Sitorus, beliau katakan  Mari kita jaga kerukunan silaturahmi khususnya masyarakat Indonesia yang di ada yang ada di Timor Leste ini Mari kita sama-sama menjadi pelopor untuk menjaga ketertiban dan perdamaian dan kerukunan.

*Da’i Ambassador untuk Negara Timor Leste

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here