Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda OKU Timur Program Serasi, Lahan Rawa Akan Lebih Produktif

Program Serasi, Lahan Rawa Akan Lebih Produktif

Tanggal : Pukul :
155
0
Kepala Bidang sarana Prasarana dan Perlindungan Dinas Pertanian Pemkab OKU Timur, Niswaturrohmah STP
Kepala Bidang sarana Prasarana dan Perlindungan Dinas Pertanian Pemkab OKU Timur, Niswaturrohmah STP

Martapura, Detik Sumsel- Guna mengoptimalkan pemanfaatkan potensi lahan dan rawa yang tersedia, Kementerian Pertanian lewat Direktorat Jenderal (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) menggencarkan Program Selamatkan Rawa, Sejahterakan Petani (Serasi).

Tahun 2019, program tersebut diprioritaskan dibeberapa Provinsi, diantaranya, Sumatera Selatan (Sumsel), Sulawesi Selatan (Sulsel), dan Kalimantan Selatan (Kalsel) yang menjadi lokasi pertama. Sedangkan di provinsi sumsel ada beberapa yang menerima program kementerian pertanian ini, salah satunya di Kabupaten OKU Timur.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Timur Sujarwanto melalui Kepala Bidang sarana prasarana dan perlindungan, Niswaturrohmah, STP mengatakan, program serasi ini digalakkan di jalur komering, karena di wilayah tersebut masih banyak lahan rawa yang belum maksimal pemanfaatannya, dan melalui program ini diharapkan lahan rawa tersebut dapat lebih produktif lagi dari sebelumnya.

Baca Juga :   Klaim Angka Kemiskinan Menurun

“Dengan adanya program selamatkan rawa sejahterakan petani (serasi) semoga dapat lebih meningkatkan hasil panen yang tadinya satu kali panen hanya mencapai 3,5 ton sehingga menjadi dua hingga tiga kali panen dan mencapai 7 ton lebih dalam satu tahunnya,” ujarnya, Jumat (27/12).

Sementara, salah satu petani mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Kementerian Pertanian terhadap Program Serasi 2019. Program Serasi ini benar-benar memberikan manfaat dalam peningkatan produksi di lahan yang kami garap.

Baca Juga :   Panitia Matangkan Piala Kemerdekaan Kapolres

“Dengan adanya program Serasi mampu mengoptimalkan perekonomian, yang tadinya 1 tahun sekali tamak kini bisa menanam dua sampai tiga kali tanam,” pungkasnya. (sus)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here