Beranda Ekonomi Pertamina Apresiasi Vendor ‘Zero Fatality’

Pertamina Apresiasi Vendor ‘Zero Fatality’

Tanggal : Pukul :
414
0
Detik Sumsel/Tohir - General Manager Pertamina RU III, Yosua IM Nababan saat kegiatan vendor Day di Gedung Patra Ogan, Kamis (13/9).

Palembang, Detik Sumsel – Sebagai bentuk komitmen dari vendor untuk tetap konsisten dalam hal keamanan kerja, Pertamina Refinery Unit III Plaju, kembali melakukan penandatangan kesepakatan bersama dengan 50 vendor. Semua vendor ini bekerja sama Pertamina, tentang keamanan, keselamatan pekerja, dan tentu saja kilang operasional aman.

Penandatangan ini sebagai bentuk konsisten dari vendor untuk secara kontiyu terus menjaga keamanan pekerja maupun kilang.

“Kita minta vendor untuk konsisten dalam hal keselamatan pekerja, karena ada beberapa diantaranya sudah mulai mengabaikan keamanan pekerja, misalnya pekerja yang berada diatas ketingian wajib mengunakan tali pengaman dan topi pelindung, yang banyak dilanggar saat ini,” jelas General Manager RU III, Yosua IM Nababan pada saat kegiatan Vendor Day di Gedung Patra Ogan, Kamis (13/9).

Ia menamabahkan, budaya kerja aman, menjadi sebuah prioritas dalam setiap kegiatan operasional PT Pertamina (Persero), baik dari segi teknis maupun sumber daya manusianya. Sumber daya manusia di wilayah Refinery Unit III Plaju tidak hanyaterbatas pada pekerjanya, namun juga mitra kerja dan vendor.

“Kita tidak tanggung- tanggung bila ada pekerja dari vendor tersebut yang mengalami kecelakaan kerja sampai meninggal, perusahaan sebagai pihak ketiga tersebut langsung kita blacklist, dan bila terjadi kecelakaan yang membuat pekerja luka , maka vendor tersebut akan diberikan peringatan mulai dari SP 1 sampai SP 3. Pertamina tidak main-main dalam hal keamanan dan keselamatan kerja,” tegasnya.

Saat ini tercatat ada lebih kurang 135 vendor yang lulus Contractor Safety Management System (CSMS), dan hampir 95 persen merupakan vendor lokal.

Yosua melanjutkan, kegiatan Vendor Day dilaksanakan sebagai bagian dari upaya berkesinambungan untuk membentuk budaya keselamatan kerja. Vendor Day berfungsi sebagai pengingat kepada seluruh vendor untuk tetap memperhatikan aspek keselamatan dalam setiap pekerjaan.

“Pada tahun ini Vendor Day hadir dengan tema ‘Kesadaran Akan Budaya Kerja Aman Dimulai Dari Kita’. Ini adalah wujud komitmen Pertamina dalam meningkatkan perhatian akan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja bagi kami dan seluruh rekanan kami,” jelas Yosua.

Kegiatan Vendor Day ini diawali dengan Sosialisasi & Awareness aspek Health Safety Security and Environment (HSSE) yang disampaikan langsung oleh GM RU III Plaju yang dilanjutkan dengan penandatanganan lembar komitmen HSSEQ Vendor.

Yosua berharap, Vendor Day ini dapat memicu vendor untuk berlomba-lomba menjadi yang terbaik dan terus meningkatkan kesadaran untuk selalu menerapkan prinsip Zero Fatality agar budaya keselamatan dan kesehatan di tempat kerja dapat selalu tercipta secara berkesinambungan.

“Keselamatan kerja itu selalu menjadi prioritas utama kami. Karenanya kami tidak akan pernah bosan untuk mengingatkan safety culture dan safety mindset bagi seluruh pekerja dan rekan-rekan vendor di Pertamina RU III Plaju,” sambung Yosua.

Dalam kegiatan diberikan apresiasi penghargaan kepada vendor yang telah menciptakan kondisi kerja aman.
Penghargaan ini dibagi menjadi tiga kategori, kategori pertama, yakni The Best Vendor, yakni lima perusahaan terbaik yang harus memenuhi tiga parameter penilaian yakni Health, Safety, Environment (HSE). Performance Indicator tepat quality, evaluasi kualitas hasil akhir pekerjaan sesuai dengan durasi pekerjaannya atau tepat waktu, dan dan tidak pernah melakukan pelanggaran aspek HSE atau Safety Violation atau tepat safety.

Selanjutnya The Best Safety Representative yakni 10 Safety Representative Terbaik dan The Best Supervisor Contractor, yakni lima Supervisor Terbaik.

Sementara itu, salah satu vendor terbaik, PT Tuan Umar Mandayun, melalui perwakilannya, Awan mengatakan apresiasinya atas penghargaan ini. Menurutnya, seluruh karyawan mereka memang wajib mematuhi aspek HSSE.

“Moto perusahaan kami sendiri adalah no accident, ini sesuai dengan kebijakan ketat Pertamina tentang aspek keselamatan,” ungkapnya. (May)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here