Beranda Olahraga Penuhi Selera Jurnalis Asing di MPC, Jadi Tantangan Kapapah Jaya

Penuhi Selera Jurnalis Asing di MPC, Jadi Tantangan Kapapah Jaya

Tanggal : Pukul :
735
0
Jurnalis dari berbagai negara di Asia menikmati suasana di dining hall Main Press Center (MPC) Asian Games di Palembang. (Istimewa)
Jurnalis dari berbagai negara di Asia menikmati suasana di dining hall Main Press Center (MPC) Asian Games di Palembang. (Istimewa)

Palembang, Detik Sumsel-Asian Games 2018 akhirnya secara resmi ditutup, Minggu (2/9) malam ini. Selama dua pekan ajang multi even olahraga terbesar di benua Asia tersebut digelar, di Jakarta dan Palembang sebagai tuan rumah bersama.

Banyak kisah dan cerita menarik yang telah terjadi, mengiringi perhelatan olahraga akbar ke-18 itu  baik suka maupun duka, dari dalam dan luar lapangan pertandingan. Salah satunya yang cukup menarik untuk disimak, bagaimana peran dari berbagai pihak terkait yang bekerja dari balik layar.

Dalam mendukung kinerja jurnalis olahraga dari berbagai negara peserta, yang datang untuk meliput dan menginformasikan berita seputar Asian Games. Khususnya di Main Press Center (MPC) Palembang, yang menjadi pusat pelayanan bagi media.

Dimana setiap harinya, ratusan pewarta olahraga dari berbagai media massa mulai dari televisi, radio, koran, majalah hingga yang berbasis online. Baik lokal, nasional maupun asing datang ke MPC, untuk menjalankan tugasnya menulis dan melaporkan hasil reportasenya di lapangan, kepada perusahaan media masing-masing.

Seperti yang dituturkan Sulaiha S.Sos, owner Kapapah Jaya Catering, yang menjadi penanggung jawab dalam mengurusi masalah konsumsi, di dining hall MPC. Menurut dia, meski terlihat mudah, namun ada sejumlah tantangan yang harus dihadapinya dan membutuhkan perhatian serius. Dalam memberikan pelayanan kepada pada jurnalis.

Baca Juga :   13 Tim Bersaing Rebut Jatah LIMA Region Sumatera

“Karena ini even besar dan membawa nama bangsa dan negara. Alhamdulillah, para jurnalis yang beraktifitas di MPC termasuk dari media asing mengaku cukup puas, dengan penyajian prasmanan di dining hall,”tuturnya, Minggu (2/9).

Meskipun diakuinya, mereka juga kerap mendapat keluhan terutama dari jurnalis luar Indonesia, yang tidak terbiasa dalam cara penyajian maupun menu makanan yang disajikan. Namun hal itu menurut dia, justru menjadi bahan masukan dan evaluasi.

“Agar lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan dan memperbaiki apa yang masih kurang, serta harus kami tambah lagi dalam penyajian makanan,” ucap wanita yang akrab disapa Susi ini.

Susi melanjutkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pihaknya dalam menyiapkan konsumsi bagi jurnalis di MPC selama Asian Games. Mulai dari pemilihan bahan makanan, penyajian yang higienis hingga menu. Menjadi fokus perhatian Kapapah Jaya Catering.

Baca Juga :   Gelar Kejuaraan Dunia Hingga Kembangkan Wisata Air

“Yang pasti, kita harus pastikan makanan yang dikonsumsi para jurnalis aman dan sesuai dengan standar yang diatur oleh dinkes. Dalam penyajian, kita juga mengutamakan kebersihan. Karena makanan punya limit waktu terbatas yakni 6 jam, dari tempat kita mengolah sampai ke penyajian,” bebernya.

Begitupula terkait masalah selera, kata Susi. Sebab jurnalis yang beraktifitas di MPC, berasal ada dari berbagai negara di Asia seperti Jepang, Korea, China, Singapura, Iran, Uzbekistan dan lainnya. Yang memiliki selera berbeda dengan lidah orang melayu, khususnya  Palembang.

“Tapi mayoritas semua suka dengan menu yang kita sajikan, dengan beragam pilihan. Termasuk wartawan asing yang biasanya sering komplain, namun mereka cukup puas,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu jurnalis Jepang Ken Daichi mengaku sangat suka mengkonsumsi masakan Palembang. Bahkan dia selalu menyempatkan waktu untuk menyantap makanan, saat berada di MPC.

“Pulang liputan kami selalu makan disini, pelayanan MPC di Palembang sangat baik. Bagi saya tidak ada masalah dengan makanan dan ini pengalaman baru bagi saya untuk mencicipi makanan lokal,”ungkapnya. (Iyop)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here