Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Liputan Khusus Pemerintah Sediakan Dana Bantuan Masjid

Pemerintah Sediakan Dana Bantuan Masjid

Tanggal : Pukul :
679
0
Kepala Bagian Kesejateraan Rakyat (Kabag Kesra) Pemerintah Kota Palembang, H Reza Pahlevi.

Lipsus, Detik Sumsel- Pemerintah Kota Palembang telah menyiapkan anggaran hibah untuk rumah ibadah. Khusus untuk  masjid, mushola dan masjid taklim untuk kegiatan penunjang pembangunannya.

“Jadi untuk masjid itu Rp 20 juta, mushola Rp 15 juta, dan majelis taklim beragam ada Rp 10 juta atau sekitar Rp 5 jutaan,” ungkap Kepala Bagian Kesejateraan Rakyat (Kabag Kesra) Pemerintah Kota Palembang, H Reza Pahlevi.

Dijelaskan Reza, untuk mendapatkan hibah tersebut ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Diantaranya pengajuan harus setahun sebelumnya, teregistrasi oleh Kementerian Agama, harus mempunyai rekening bank atas nama masjid, mushola atau majelis taklim, dan harus ada SK kepengurusan.

“Kalau bisa usulkan setahun sebelumnya, misalnya 2020 ajukanlah pada 2019, karena tahun 2019 sudah ter SK kan penerimanya, pengajuan ini bebas, bisa renovasi atau untuk isi masjid, bisa juga untuk kegiatan tapi bukan untuk honorium,” paparnya.

Baca Juga :   Redam Impor, HIPO Pasarkan Produk Lokal

Di tahun 2018, Pemkot Palembang telah membantu sekitar 300 masjid, dan ditargetkan pada 2019 akan dibantu 400an masjid dan mushola.

Senada, Pemkab Muba juga ternyata setiap tahunnya telah memberikan bantuan kepada masyarakat yang akan membangun rumah ibadah. Tetapi sebelum melakukan pembangunan ternyata harus memenuhi sejumlah persyaratan.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Muba H Opi Palopi, MA, masyarakat bisa saja mengajukan bantuan untuk pembangunan rumah ibadah, melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Muba. Sehingga nantinya akan turun tim untuk melakukan survei, dan kondisi di lapangan. Sehingga baru akan ditentukan besaran bantuan.

Baca Juga :   Walikota Pangkalpinang Terpilih Persunting Make up Artist Palembang

“Pada tahun ini, ada sekitar 50 masjid di seluruh Muba yang mendapat bantuan. Satu masjid menerima sekitar Rp 25-50 juta, tergantung dari hasil survei lapangan,” bebernya.

Opi menambahkan, Pemkab Muba membuka seluas-luasnya bagi seluruh masyarakat Muba, yang memang akan membangun tempat ibadah. “Jika memang bisa dibantu, akan kami bantu,” pungkasnya.

Untuk mendirikan masjid tidak bisa langsung membangun begitu saja. Namun, harus memenuhi beberapa syarat agar Masjid yang akan dibangun bisa terdaftar di Kementerian Agama.

Kasubbag Informasi dan Humas Kemenag Sumsel, H Saefudin.

Hal ini diungkapkan oleh Kasubbag Informasi dan Humas Kemenag Sumsel, H Saefudin. Dikatakannya, persyaratan yang harus dipenuhi untuk Perizinan pembangunan rumah ibadah agar terdaftar di Kemenag Sumsel mengacu pada PBM no 9 dan 8 tahun 2006. (Fir/Edy/Bra)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here