Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Ekonomi PDRB Triwulan III Sumsel Tumbuh Rp118,16 Triliun

PDRB Triwulan III Sumsel Tumbuh Rp118,16 Triliun

Tanggal : Pukul :
94
1
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Selatan, Endang Triwahyuningsih (Maya/detiksumsel.com)

Palembang, Detik Sumsel – Sektor perekonomian Provinsi Sumatera Selatan mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada Triwulan III 2019.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Selatan, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengalami peningkatan atas dasar harga berlaku, mencapai Rp.118,16 Triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp.81,82 Triliun.

‚ÄúPosisi triwulan III kali ini lebih tinggi dibandingkan posisi triwulan II sebelumnya, yang menembus angka Rp113,25 triliun,”terang Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Selatan, Endang Triwahyuningsih, Rabu (06/11).

Adapun sektor yang memberikan sumbangsih tertinggi, masih didominasi lapangan usaha pertambangan dan penggalian, sebesar Rp23,26 triliun. Diikuti industri pengolahan senilai Rp22,17 triliun, lalu sektor pertanian, kehutanan dan perikanan sebesae Rp16,44 triliun.

Baca Juga :   Pencaker Dituntut Aktif dan Kreatif

Endang melanjutkan, dari sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh hampir semua lapangan usaha. Dengan pertumbuhan tertinggi yang dicapai lapangan usaha, dalam penyediaan akomodasi dan makan minum mencapai 14,72 persen.

“Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi Lembaga Non Profit yang melayani Rumah Tangga (PK-LNPRT) yang tumbuh sebesar 9,06 persen,”bebernya.

Dian menambahkan, Ekonomi Sumsel triwulan lIl-2019 meningkat sebesar 4,01 persen (q to q). Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggu pada lapangan Usaha Pertanian, Kehutanan, den Perikanan sebesar 9,69 persen. Sementara dari sisi Pengeluaran dicapai oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah yang meningkat signifikan sebesar 4,02 persen.

Ekonomi Sumsel triwulan I sampai dengan III 2019 (c-to-c) tumbuh 5,72 persen. Dari sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh hampir semua lapangan usaha dengan pertumbuhan tertinggi dicapai lapangan Usaha Penyediaan Akomodasi dan makan minum sebesar 15,94 persen. Sementara dari sisi pengeIuaran terutama didorong oleh Komponen PK-LNPRT yang tumbuh sebesar 11,90 persen.

Baca Juga :   Pengangguran Terpusat di Perkotaan

Struktur ekonomi provinsi Sumsel triwulan III 2019 didominasi oleh lapangan Usaha Pertambangan dan Penggalian sebesar 20,73 persen, diikuti Lapangan Usaha industri Pengolahan sebesar 18,84 persen serta lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 15,42 persen.

Sementara dari sisi pengeluaran didominasi oleh komponen pengeluaran konsumsi rumah tangga yang mencakup lebih dari separuh PDRB Provinsi Sumatera Selatan yaitu 63,93 persen.

Komponen lainnya yang memiliki peranan besar terhadap PDRB secara berturut-turut adalah Pembentukan Modal Tetap Bruto atau PMTB, ekspor luar negeri dan pengeluran konsumsi pemerintah. (May)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here