Pasang Iklan Detik Sumsel
Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah OKU Diselimuti Kabut Asap

OKU Diselimuti Kabut Asap

Tanggal : Pukul :
123
0
Langit-langit di Kabupaten OKU tertutup kabut asap

# Asap Kiriman Dari Luar OKU

Baturaja, Detik Sumsel — Beberapa hari terakhir udara di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) terpapar kabut asap. Pantauan dilapangan Jum’at (8/11) kondisi kabut asap ini telah terjadi sejak pagi, hingga sore ini kabut asap masih menyelimuti langit-langit bumi yang berjuluk Sebimbing Sekundang ini.

Meskipun tak terlalu tebal namun Kondisi ini cukup dikeluhkan masyarakat setempat karena menggangu pernafasan. “Masih bisa beraktifitas diluar seperti biasa, tapi ini cukup menganggu pernapasan, jadi kalau keluar terpaksa pakai masker” kata Nov salah seorang pengendara saat dibincangi detiksumsel.com.

Menanggapi kabut asap ini, ketua Aktifis lingkungan  Di OKU Yunizir Djakfar menghimbau kepada masyarakat agar tetap mewaspadai kabut asap ini. Kondisi asap saat ini cukup pekat sehingga bisa berpengaruh pada kualitas udara di OKU.

“Ini harus disikapi serius, walaupun kita belum dapat info dari mana sumber asap ini. Terlepas dari mana asap ini datang, tentunya kita harus waspada dan tetap menjaga kemungkinan lain,” kata Yunizir.

Yunizir berharap pihak-pihak terkait dapat mengambil langkah kongkrit. Tugas mengatasi kabut asap ini bukan hanya tugas pemerintah namun merupakan tugas semua element.

“Kita juga meminta kepada pihak terkait untuk terjun kelapangan dan menindak tegas siapapun yang melakukan pembakaran tanpa tebang pilih. Karena saat ini kita masih kondisi kemarau, kalau tidak akan ada kejadian luar biasa akibat pembakaran ini dan jangan sampai menunggu ada korban,” ujarnya

Menurut Yunizir, peran legislatif dalam mengatasi hal ini juga tak kalah penting, selaku wakil untuk membantu pemerintah dalam pengawasan, bahkan dapat mendesak pemerintah untuk mencabut izin bagi pihak-pihak yang merusak lingkungan atau melakukan pembakaran lahan. DPRD juga dapat menyiapkan payung hukum untuk kedepan agar tidak ada lagi asap di Bumi Sebimbing Sekundang.

“Ayo bantu pemerintah, kepolisian untuk mendapatkan informasi bagi pelaku pembakaran lahan di kota tercinta ini. Kalau bukan kita peduli siapa lagi. Satu kata lawan segala bentuk perusakan lingkungan di Bumi Sebimbing Sekundang,” tukasnya

Sementara itu, Kepala Dinas PBK OKU Aminilson yang dibincangi via handphone mengatakan, kabut asap yang terjadi di OKU saat ini merupakan dampak kiriman dari luar OKU. “Kalau untuk OKU hari ini belum terpantau oleh kita titik kebakaran di OKU, sebab biasanya kalau ada kebakaran hutan dan lahan pasti termonitor oleh kita,” jelasnya.

Meski demikian menurutnya beberapa hari terakhir ini kata Aminilson, memang ada beberapa titik kebakaran lahan di unit 16 Sinar Peninjauan dan Lubuk Batang namun hal itu sudah diatasi dan api sudah dipadamkan.

“Sudah kita atasi, nah untuk hari ini memang ada kabut asap namun untuk titik kebakaran sudah kita cari namun tidak ada di OKU, bisa saja kabut seperti ni adalah mendung  mungkin karena mau hujan karena saat ini musim pancaroba,” ujarnya

Aminilson menghimbau agar masyarakat tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan serta cepat menginformasikan jika terjadi kebakaran. “Secepatnya berkordinasi dengan pihak-pihak terkait terutama kipihak kita jika terjadi Kebakaran,” Himbaunya (fei)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here