Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Objek Wisata di Lahat Bakal Dibuat Hikayat Cerita

Objek Wisata di Lahat Bakal Dibuat Hikayat Cerita

Tanggal : Pukul :
249
0
Wisatawan lokal saat berada di salah satu objek wisata. Foto Istimewa

Lahat, Detik Sumsel — Guna menarik wisatawan berkunjung di Kabupaten Lahat yang akan berimbas naiknya Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sekda Lahat, H Januarsyah Hambali SH MM meminta seluruh Camat, agar membuatkan hikayat cerita setip objek wisata yang ada.

“Bukan sekedar berkunjung ke tempat wisata. Kalau ada hikayat cerita, wisatawan bisa tahu cerita rakyat dari tempat yang dikunjungi,” ujarnya, disela rapat penetapan isu strategis bersama seluruh Camat, di ofroom setda Lahat, Kamis (14/11).

Menurut Januarsyah, Bumi Seganti Setungguan memiliki banyak potensi wisata yang sudah terkenal. Seperti air terjun, megalit, dan cerita si pahit lidah. Untuk itu, dengan dibuatkan sebuah hikayat cerita, akan membuat wisatawan tertarik dengan cerita tersebut sehingga ingin berkunjung.

“Tidak akan berkembang kalau hanya sektor minyak dan tambang. Kita ini kurang jualan, adahal banyak potensi wisata,” kata Januarsyah.

Sementara, Camat Lahat Selatan, Budi Utama menuturkan, dirinya siap mendukung rencana tersebut. Diwilayahnya terdapat objek wisata seperti Cughup Sambar Nyawe, Desa Talang Sejemput. Cughup Pengabungan di Desa Talang Sawah. Juga wisata Tangga Manik, Desa Tanjung Payang. Dengan dibuatkan hikayat cerita, setiap objek wisata ada legenda dan story yang bisa diketahui banyak orang.

“Bila perlu datangkan pengajar pembuatan kerajinan, yang bisa mengajarkan membuat handicraf. Souvenir dengan memanfaatkan kekayaan alam dan potensi yang ada. Selain itu, infrastruktur akses jalan perlu dibenahi,” tutur Budi. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here