Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Nasib Guru Honorer di Lahat Tergantung Pusat

Nasib Guru Honorer di Lahat Tergantung Pusat

Tanggal : Pukul :
292
0
Nasib Guru Honorer di Lahat Tergantung Pusat
Pegawai ASN dan Honorer Pemkab Lahat usai apel. Foto Heru/DS

Lahat, Detik Sumsel — Pemkab Lahat masih belum bisa memutuskan, apakah akan memperpanjang atau menghapuskan tenaga honorer yang ada di lingkungan Pemkab Lahat. Pasalnya, meski sangat membutuhkan tenaga para honorer, namun keputusan tersebut ada ditangan Pemerintah Pusat.

Seperti yang dikatakan Bupati Lahat, Cik Ujang SH, Pemkab Lahat sendiri sama sekali tidak ada rencana atau wacana, untuk memangkas tenaga honorer yang ada saat ini. Hanya saja, akhir akhir ini ada wacana penghapusan honorer oleh pemerintah pusat.

“Kita lihat dulu regulasinya dari pemerintah pusat, sehingga kita bisa memutuskan. Namun, jika memang pusat tidak membolehkan dan tidak ada cela sama sekali bagi honorer, kita terpaksa ikut. Nanti dibilang melawan kebijakan,” tegas Cik Ujang, Senin (27/1).

Baca Juga :   Makam Puyang Ditimbun, Ribuan Warga Minta PT BAU Angkat Kaki

Menurut Cik Ujang, di lingkungan Pemkab Lahat, sendiri ada sekitar 400 tenaga honorer yang tersebar di dinas dinas seperti Dinas Pendidikan, Pertanian dan beberapa dinas lainya. Sejumlah dinas ini pun terbantu dengan adanya tenaga honorer.

“Tentu akan kita perjuangkan. Saat ini kita masih tunggu dari pusat gimana kebijakanya,” ucapnya.

Disisi lain, selain honorer di Pemkab Lahat juga banyak pegawai sukarela (TKS) bahkan melebih pegawai honorer. Namun, untuk TKS sendiri sebenanrya sudah dihimbau terutama soal gaji, karena penghasilan TKS tersebut tergantung dinas tempat kerja masing masing.

Baca Juga :   Hati-hati, Jalinsum Lahat - Empat Lawang Amblas

“Kalau untuk syarat-syarat kami ini kurang apa lagi, pengabdian kami juga tidak kalah dengan guru PNS. Kami berharap Pak Bupati tidak hanya melihat regulasinya, tapi benar-benar memperjuangkan nasib honorer di Lahat,” kata Icun (40) guru honorer di Lahat. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here