Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Kriminal Mudah Dicuri, Pelaku Curanmor Ini Sengaja Incar Honda Beat

Mudah Dicuri, Pelaku Curanmor Ini Sengaja Incar Honda Beat

Tanggal : Pukul :
289
0
Ruslan Abdul Gani dan Debi Saputra pelaku Curanmor saat dihadirkan di Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel

Palembang, Detik Sumsel — Dari nyanyian tersangka Ruslan Abdul Gani (34), anggota Unit IV Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel berhasil meringkus Debi Saputra dikediamannya Jalan Pangeran Sido Ing Lautan, Lorong Kedukan Bukit I, Kelurahan 35 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II Palembang Selasa (10/12).

Petugas pun memberikan tindakan tegas dengan menembak kedua kaki tersangka Debi Saputra karena mencoba kabur saat polisi akan menangkapnya.

Ruslan dan Debi merupakan pelaku Curanmor disalah satu rumah dikawasan Plaju beberapa hari yang lalu. Saat menjalankan aksinya kedua pelaku dipergoki korbannya sehingga kedua pelaku diteriaki maling.

Beruntung bagi tersangka Debi ia lolos dari kepungan warga, sedangkan Ruslan berhasil ditangkap dan sempat dihajar massa sebelum diserahkan ke Polda Sumsel.

Tidak dikawasan Plaju saja, berdasarkan catatan kepolisian setidaknya ada sembilan TKP Curanmor yang dilakukan oleh kedua tersangka yang semuanya diwilayah kota Palembang.

Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel Kompol Suryadi mengatakan modus kedua tersangka dalam melancarkan aksi Curanmor dengan sengaja berjalan kaki keliling. Setelah terlihat mangsanya kedua tersangka langsung beraksi.

“Pada umumnya pelaku Curanmor mencari mangsa dengan berboncengan, salah satu pelaku berperan sebagai pemetik dan satunya lagi sebagai pilot. Namun kedua tersangka ini sengaja berjalan kaki keliling mencari mangsanya,”ujarnya.

Lanjut Suryadi saat kedua tersangka melancarkan aksinya dikawasan Plaju aksi kedua tersangka dipergoki pemilik motor. Tersangka Ruslan berhasil diamankan warga sedangkan tersangka Debi berhasil lolos.

“Dari pengembangan terhadap tersangka Ruslan, anggota kami akhirnya berhasil menangkap tersangka Debi dikediamannya saat itu tersangka mencoba kabur sehingga diberikan tindakan tegas,”jelasnya.

Berdasarkan keterangan tersangka Debi, ia setidaknya sudah melakukan aksi Curanmor sebanyak sembilan kali diwilayah kota Palembang. “Kepada masyarakat kota Palembang yang merasa pernah kehilangan motor, untuk berkoordinasi dengan Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel,”bebernya.

Sementara itu, tersangka Debi mengaku sengaja memilih motor honda Beat karena mudah diambil dan mudah juga untuk dijual.
“Satu unit motor kami jual 2,5 juta. Motornya kami jual dikawasan Sungai Rebo, Mariana,”ujarnya.

Dikatakan Debi, kunci T yang digunakan saat beraksi dibuat nya dengan besi baja lalu digerinda sehingga jadilah kunci T yang siap pakai. “Buat kunci T belajar samo kawan yang di Sungai Rebo. Kalau untuk dapat satu motor butuh waktu 15 sampe 20 detik lah,”tuturnya.(oji)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here