Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Masyarakat Resah, Upal Pecahan Rp 100 Ribu Beredar di Pagaralam

Masyarakat Resah, Upal Pecahan Rp 100 Ribu Beredar di Pagaralam

Tanggal : Pukul :
1337
0
Istimewa - Tampak uang palsu (upal) pecahan seratus ribu yang mulai beredar di Pagaralam.

Pagaralam, Detik Sumsel – Warga Kota Pagaralam harus lebih berhati-hati khususnya yang kerap melakukan transaksi tunai. Pasalnya, dalam dua hari ini sudah dua kali tercatat warga Pagaralam yang mendapatkan uang palsu (Upal) pecahan Rp 100 Ribu.

Informasi yang berhasil dihimpun, hal ini seperti yang dialami Flo (29), seorang ibu rumah tangga di kawasan Tanjung Payang, Kecamatan Pagaralam Selatan. Pada saat hendak bertransaksi di bank, ternyata terdapat satu lembar uang pecahan Rp 100 ribu miliknya ternyata upal.

“Saat saya bertransaksi di bank, satu lembar uang pecahan Rp 100 ribu ditolak oleh pihak bank, karena dinyatakan palsu,” katanya, Kamis (25/7).

Ditanya dari mana uang ini berasal, ibu satu orang anak ini menjelaskan, jika dirinya lupa darimana asalnya uang tersebut ia dapatkan.

Baca Juga :   Anjal Dan Gepeng Meningkat Jelang Idul Fitri

“Dak tau pak, sebab saya juga pedagang online, tentu banyak pembeli yang membayarkan uang pecahan Rp 100 ribu tersebut ke saya. Selain itu saya juga sering bertransaksi tunai di beberapa tempat,” ungkapnya.

Hal yang sama juga dialami salah satu warga Pagaralam yang mencurhatkan kejadian yang dialami ibunya di salah satu media sosial instagram pagaralam_insta.

Dalam postinganya, warga tersebut mengatakan jika ibunya yang berdagang di kawasan Pasar Nendaggung sudah ditipu oleh oknum tidak bertanggung jawab yang menyebarkan uang palsu dengan pecahan Rp 100 ribu. Bahkan tidak hanya orang tuanya, sudah banyak pedagang lain yang mendapatkan nasib sial tersebut.

Sementara itu Rahmat, salah satu warga, mengatakan dengan kejadian ini cukup membuat warga resah. Pasalnya dapat membuat warga merugi, apalagi masyarakat dan pedagang yang belum awam dengan ciri-ciri upal tersebut.

Baca Juga :   Rampok Bertopeng Bawa Kotak HP Kosong

“Kami berharap pihak terkait dapat menindaklanjuti kasus tersebut, pasalnya jika upal ini sudah beredar, akan banyak lagi warga yang merugi karena hal ini,” harapnya.

Terkait hal ini, Kapolres Kota Pagaralam, AKBP Trisaksono Puspo Aji SIk mengimbau kepada masyarakat untuk lebih teliti dalam menerima uang, khususnya uang pecahan Rp 100 ribu. Warga juga diminta memastikan sebelum menerima uang lakukan langka 3D (Dilihat, Diraba dan Diterawang), agar tidak tertipu seperti yang dialami beberapa warga lain.

“Selain itu, jika warga menemukan upal cepat melapor ke Pos atau Polsek terdekat, agar dapat ditindaklanjuti oleh anggota kita,” pungkasnya. (rendi)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here