Penghapusan Denda dan Bunga Pajak Kendaraan oleh Pemprov Sumsel
Kanit Pidsus Polres Lahat, Ipda Chandra Kirana SH saat meninjau lokasi lahan yang dibakar ZA. Foto Istimewa.

Masih Buka Lahan Cara Dibakar, Siap-siap Dipenjara

Lahat, Detik Sumsel — Tindakan tegas bagi pelaku pembakaran lahan dan hutan, nampaknya bukan sekedar sosialisasi belaka. Polres Lahat baru-baru ini menetapkan 1 tersangka pembakaran lahan, yakni ZA (54) yang berada di Desa Bungamas, Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat.

Kapolres Lahat, Achmad Gusti Hartono SIK, melalui Kasat Reskrim AKP Kurniawi H Barmawi S.Ik, didampingi Kanit Pidsus, Ipda Chandra Kirana SH membenarkan, saat ini pihaknya tengah memeriksa satu tersangka yang diduga melakukan pembakaran secara sengaja di areal kebun.

Baca Juga :   Periode Ke Tiga Nursini Kembali Terima BLT

“Sesuai atensi pimpinan, pembukaan lahan secara dibakar itu dilarang. Imbauan ini sebelumnya terus disosialisasikan oleh jajaran Polres Lahat,” ujar Chandra, Selasa (22/9).

Chandra menuturkan, diperiksanya satu terduga tersangka pembakaran lahan ini, diharapkan bisa menjadi contoh bagi masyarakat lain untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Bagi masyarakat yang mengetahui adanya oknum/masyarakat yang sengaja membakar lahan, kiranya segera melapor ke pihak kepolisian.

“Kalau masih ada yang coba buka lahan secara dibakar, akan ditindak tegas. Dampak Karhutla ini sangat besar, bisa menyebabkan longsor dan banjir besar seperti tahun sebelumnya,” tegas Chandra. (heru).

Baca Juga :   Kecamatan Makarti Jaya Gelar Perlombaan Peringati HGN
H. Hendri Zainuddin, Manager Sriwijaya FC
Lakukan Penukaran Uang

About Heru Senovlan

Avatar

Check Also

Warga Pagaralam Keliling Cari Gas Melon

Pagaralam, Detik Sumsel – Bahan bakar gas elpiji ukuran 3 Kilogram (KG) beberapa hari terakhir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jajaran Redaksi Media Online DetikSumsel.com mengucapkan Sumpah Pemuda