Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Politik LSD Paparkan Persaingan Pilkada Kabupaten OKU Timur

LSD Paparkan Persaingan Pilkada Kabupaten OKU Timur

Tanggal : Pukul :
179
0
Ket : Lembaga Survey Demokrasi (LSD) saat paparan kepada awak media, Selasa (01/10)

Palembang, Detik Sumsel – Persaingan dalam perebutam kursi bukanlah suatu hal aneh dalam suatu perpolitikan. Seperti halnya Pilkada serentak yang akan diadakan tahun 2020 di Sumatera Selatan. Meski masih akan dilaksanakan satu tahun lagi, namun konstalasi politik di beberapa wilayah daerah di Sumatera Selatan nampak sudah mulai memanas.

Melalui survey yang dilakukan oleh Lembaga Survey Demokrasi (LSD). Di Kabupaten OKU Timur, hadir beberapa nama dari tokoh-tokoh politik yang mulai menyatakan diri untuk maju dalam merebutkan kursi Pilkada 2020 mendatang.

Disampaikan Diruktur LSD, Mohammad Faizal S.Sos.i M.H.I, meskipun pernyataan yang dikeluarkan oleh para Tokoh Masyarakat masih bersifat belum resmi, menurutnya situasi tersebut dianggap telah memicu persaingan di antara para tokoh.

“Saat ini sudah lebih dari lima Tokoh masyarakat yang menyatakan diri siap maju dalam Pilkada tahun 2020. Tinginya tingkat persaingan politik di Kabaupaten OKU Timur sangat wajar terjadi. Wilayah ini merupakan basis dari tokoh-tokoh politik di tingkat Nasional dan Sumatera Selatan,” ungkap Faizal di Hotel Clasie Palembang kepada awak media, Selasa (01/10).

Dikatakannya, saat ini telah terdapat salah satu tokoh politik yang berasal dari Kabupaten OKU Timur yang telah menjadi Rising Star di tingkat Nasional, yaitu Herman Deru yang saat ini duduk sebagai Gubernur Sumatera Selatan.

Baca Juga :   Bawaslu Sumsel Rekrut 282 Anggota Panwascam Pilkada 2020

“Gubernur Sumatera Selatan ini dipresidiksi bisa memperebutkan Kursi presiden atau wakil presiden Indonesia lima tahun lagi,” ucapnya.

Dirinya juga memeberikan suatu alasan terkait dilakukannya survey politik di kabupaten OKU Timur. Menurutnya, persaingan politik di kabupaten OKU Timur saat ini sudah berjalan ketat.

“Pilkada di Kabupaten OKU Timur bisa menentukan peta politik di kancah Sumatera Selatan dan Kancah Nasional untuk beberapa tahun ke depan,” ujarnya.

Dari hasil survey yang dilakukan oleh pihaknya, ada lima tokoh menonjol yang akan bersaing ketat dalam perebutan kursi nomor satu di Kabupaten OKU Timur.

Namun menurutnya, popularitas lima kandidat tersebut juga akan bisa dikejar oleh lima calon lain yang juga menyatakan diri akan bersaing menjadi Bupati OKU Timur.

Adapun lima besar tokoh terpopuler di OKU Timur yang menyatakan diri akan maju sebagai calon Bupati OKU Timur yaitu KPUD OKU Timur, Leo Budi Rachmadi dalam urutan ke enam, mantan calon Wakil Bupati yang dikalahkan pasangan Bupati dan wakil Bupati saat ini, Sugeng Suprianto pada urutan ke tujuh.

Baca Juga :   HD Ingin Pilkada 2020 Sukses, Pemprov Sumsel Siap Back Up

Sedangkan Faizal Habibur, yang merupakan seorang pengusaha yang terkenal dengan usaha Pupuk dan Beras menduduki peringkat Sembilan. “Dirinya diapit oleh saudara kandung Gubernur Sumatera Selatan, yaitu Melinda Hamzah yang duduk di posisi delapan dan Linosin Hamzah yang baru muncul kiprahnya di dunia perpolitikan masuk di sepuluh besar tokoh terpopuler di OKU Timur,” paparnya.

Menurut Ketua Lembaga Survei Demokrasi tersebut, ada hal yang menarik dari survey yang Ia lakukan di OKU Timur.

Dikatkannya, bahwa warga OKU Timur saat ini berharap Herman bisa lebih jauh berkiprah di tingkat nasional. Menurutnya, warga OKU Timur berharap putera daerah Sumatera Selatan tersebut bisa duduk minimal sebagai wakil presiden di masa yang akan datang.

“selain itu, warga OKU Timur juga berharap kiprah Herman Deru bisa dilanjutkan oleh puterinya yang saat ini terpilih menjadi anggota DPR RI, Percha Leanpuri. Kalau berebut kursi di tingkat Bupati sepertinya tidak lagi. Dengan kepopulerannya Percha bisa dipersiapkan menjadi calon Gubernur di masa yang akan datang,” tutupnya. (wira/ril)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here