Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Nasional Leo Siagian: Hasil Revisi UU KPK Sangat Baik Untuk KPK Itu Sendiri

Leo Siagian: Hasil Revisi UU KPK Sangat Baik Untuk KPK Itu Sendiri

Tanggal : Pukul :
157
0
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Palembang, Detik Sumsel — Aktivis Exponen Angkatan 66 Leo Siagian mengatakan hasil revisi UU KPK yang dilakukan Komisi III DPR RI sangat baik. Salah satu poin nya memberikan kewenangan kepada KPK untuk menghitung kerugian negara. Kalau selama ini masyarakat melapor dugaan korupsi ke KPK harus menunggu hasil hitungan kerugian negara dari BPK.

Bahkan Leo mencontohkan kasus dugaan korupsi BUMN Kawasan Berikat Nusantara (KBN) di Jakarta. Perusahaan jasa sewa menyewa tanah dan gudang KBN memiliki tanah 650 hektar.

Dalam laporan keuangannya hanya dapat laba 149 miliar setahunnya, kalau tanah 650 hektar sewa 10 ribu satu bulan berarti 65 miliar satu bulan hasilnya. Dikalikan 12 bulan pertahun. berarti 780 miliar satu tahun sedangkan laporan hasil laba KBN hanya 149 miliar jauh sekali selisihnya kalau dihitung rata rata 10 ribu permeter perseginya.

“Seharusnya hasilnya 780 miliar dikurangi 149 miliar. Jadi ada selisih Rp 631 miliar yang diduga gelapkan pertahun bayangkan. 631 miliar kali 7 tahun yang di jabat Dirut KBN,”ujarnya.

Lebih lanjut, dikatakan Leo tahun dikali 631 miliar hampir Rp 4.417 Triliun uang yang diduga dikorupsikan itu kalau di hitung rata-rata Rp10 ribu permeter kalau sewa gudang dan depo kontainer 28 ribu permeter.

“Maka akan lebih besar dan banyak uang yang dikorupsikan, maka revisi UU KPK yang sudah sah memberikan kewenangan KPK untuk menghitung sendiri atas kerugian negara. Ini sangat baik jangan selama ini kalau kita lapor ke KPK alasan KPK masih menunggu perhitungan kerugian negara dari BPK,”bebernya.

Menurutnya kalau hanya berharap kepada UU KPK yang lama dan BPK. Indonesia hanya bisa menambah hutang. Sedangkan BUMN inilah yang diharapkan bisa menambah pemasukan keuangan negara selain dari pajak untuk melanjutkan pembangunan.(oji)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here