Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah KPU Masih Temukan Surat Suara Rusak

KPU Masih Temukan Surat Suara Rusak

Tanggal : Pukul :
356
0
SURAT SUARA : Pihak KPU Saat Melakukan Penyortiran Surat Suara Pileg, Pilpres di KPU Kota Pagaralam.(Foto:Rendi/Detik Sumsel)

Pagaralam, Detik Sumsel – Sebanyak 480 lembar surat suara Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) di Kota Pagaralam yang akan digunakan pada pemilu 17 April 2019 mendatang mengalami kerusakan.

Hal ini diketahui setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam terus melakukan proses pelipatan dan penghitungan sejumlah surat suara.

Informasi yang berhasil dihimpun, jika surat suara untuk Pileg Kabupaten/Kota sudah selesai dilipat, namun dari jumlah surat suara yang dibutuhkan plus surat suara cadangan 2 % persen masih mengalami kekurangan bahkan ditemukan dalam kondisi rusak.

Staf Umum Sekretariat KPU Pagaralam Nata Oktari mengatakan, bahwa untuk surat suara pileg Kota Pagaralam yang diperuntukan untuk tiga Daerah Pemilihan (Dapil) sudah selesai dilakukan pelipatan.

“Namun masih ada kekurangan surat suara dari jumlah yang dibutuhkan ditambah adanya surat suara yang rusak saat disortir,”ungkapnya. Selasa (26/3)

Dikatakanya, secara keseluruhan jumlah surat suara yang kurang ditambah dengan surat suara yang ditemukan rusak berjumlah 480 lembar

Ia merincikan, untuk Dapil 1 Pagaralam Selatan
Kebutuhan berdasarkan DPT + 2 % sebanyak 37,184 lembar, diterima 37,040 lembar setelah dibsortir dan dilakukan pelipatan surat suara yang baik hanya 37,032 lembar, rusak 8 lembar kurang 144 lembar sehingga kekurangan surat suara untuk pileg DPRD Pagaralam I Pagaralam Selatan berjumlah 152 lembar.

Sedangkan untukĀ  Dapil II yang meliputi tiga kecamatan yakni Dempo Utara,Dempo Tengah dan Dempo Selatan jumlah surat suara yang dibutuhkan plus 2 % cadangan adalah sebanyak 38.266 lembar,dan KPU hanya menerima sebanyak 38,264 lembar setelah dilipat dan disortir surat suara yang dalam kondisi baik sebanyak 38,252 lembar,surat suara rusak sebanyak 12 lembar dan kurang 2 lembar sehingga total kekurangan surat suara untuk Dapil II sebanyak 14 lembar surat suara.

Untuk Dapil III Pagaralam Utara, jumlah surat suara yang dibutuhkan sebanyak 31,162 lembar plus 2 persen surat suara cadangan,sedangkan KPU Pagaralam hanya menerima sebanyak 30.852 lembar ditemukan dalam kondisi baik sebanyak 30.848, ditemukan rusak 4 lembar, sedangkan kurang sebanyak 310 lembar, sehingga kekurangan sebanyak 314 lembar

“Mengenai kekurangan ini sudah kita laporkan untuk di minta penambahan,”pungkasnya.(rendi)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here