Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Kriminal Kapolda Sumsel: Berbagai Upaya Terus Dilakukan Satgas Untuk Memadamkan Karhutla

Kapolda Sumsel: Berbagai Upaya Terus Dilakukan Satgas Untuk Memadamkan Karhutla

Tanggal : Pukul :
140
0
Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli Bahuri

Palembang, Detik Sumsel — Berbagai upaya terus dilakukan Satgas untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumsel. Hal ini disampaikan Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli Bahuri dihadapan wartawan disela-sela olahraga bersama Forkopimda Sumsel di komplek Pakri Palembang Jumat (20/9).

“Sebagaimana dengan Undang-Undang penanggulangan bencana alam termasuk Karhutla. Dijelaskan ada beberapa tahapan dalam penanganan bencana yang paling penting adalah tahapan mitigasi,”katanya.

Ditegaskan Firli, tahapan mitigasi inilah sudah banyak dilakukan untuk mengurangi resiko dari kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Sumsel.

“Seperti pada tanggal 10 Juli, Kapolda, gubernur dan Pangdam sudah mengeluarkan maklumat diantaranya menjelaskan betapa bahayanya kebakaran hutan dan lahan. Serta larangan bagi masyarakat maupun perusahaan agar tidak membakar lahan serta ancaman atau sanksi bagi yang membakar hutan dan lahan,”tegasnya.

Upaya yang sering dilakukan sebelum terjadinya Karhutla ataupun pencegahan kepolisian dan pemerintah daerah dengan menggerakkan seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta menanggulangi Karhutla sebelum memasuki musim kemarau.

“Pencegahan Karhutla sebenarnya sudah dilakukan dengan membuat skat skat kanal, embung embung air bersama masyarakat dan pemerintah,”tambahnya.

Dikatakan Jenderal Polisi bintang dua ini, pihaknya jauh sebelum terjadinya Karhutla sudah memetakan wilayah mana saja di Sumsel yang rawan terjadinya Karhutla saat musim kemarau tiba.

“Seperti daerah OKI dan Musi Banyuasin untuk dua daerah ini sudah kami berikan perhatian khusus dengan mengajak seluruh elemen masyarakat yang sifatnya door to door dalam pencegahan Karhutla,”tuturnya.(oji)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here