Pemerintah Sumatera Selatan
Beranda Daerah DLH Lahat Mulai Incar Pengusaha Bengkel

DLH Lahat Mulai Incar Pengusaha Bengkel

Tanggal : Pukul :
240
0
DLH Lahat Mulai Incar Pengusaha Bengkel
Kasi LB3 Dinas Lingkungan Hidup Lahat, M Khairul, menunjukka titik bengkel di Lahat. Foto Heru/DS

Lahat, Detik Sumsel — Sekitar 50 pengusaha bengkel di Kota Lahat, yang menghasilkan Limbah B3 (bahan, berbahaya, beracun red), setidaknya baru 13 usaha bengkel yang disambangi pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lahat. Kedatangan pihak DLH ini bertujuan melihat potensi limbah B3 yang dihasilkan, penyebaran limbah, perizinan, dan peralatan penanggulangan darurat K3 yang disediakan bengkel.

“Kita lagi lakukan pendataan, kita analisis dulu agar bisa mengklasifikasikan mana bengkel besar dan bengkel kecil. Juga kemana limbah itu dibuang,” terang Kabid LB3 DLH Lahat, M Jonliadi, melalui Kasi LB3, M Khairul, Selasa (18/2).

Baca Juga :   Polres Lahat Tunda Rilis ASN Terjerat Narkoba

Khairul membeberkan, untuk kasus ini, besar tidaknya bengkel dilihat dari besarnya potensi limbah yang dihasilkan. Limbah dari sektor perbengkelan ini diantaranya, oli bekas, aki, filter, serta barang yang terkontaminasi B3. Untuk itu dirinya meminta pihak bengkel bisa memberikan data, agar bisa mengambil langkah untuk memenuhi kewajiban dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Baca Juga :   Fraksi Demokrat: Pemkab Lahat Harus Tinjau Perizinan dan Dampak dari PT SERD

“Terpantau ada 5 bengkel yang sudah tertib. Bukan baru sekarang, sejak tahun 2015 sudah dilakukan pendataan. Ini juga agar bisa mencari permasalahannya. Selama ini oli bekas di bengkel, diambil oleh transfortir. Inilah yang ingin kita ketahui transfortir mana, soalnya izinnya harus langsung dari KLH,” ujarnya. (heru).

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here