Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Daerah Desak Pemerintah Bergerak Responsif Bukan Reaktif

Desak Pemerintah Bergerak Responsif Bukan Reaktif

Tanggal : Pukul :
703
0
Aksi Mahasiswa BEM Unsri Di Bundaran Masjid Agung Palembang, Kamis (06/09)

Palembang, Detik Sumsel – Terkait melemahnya rupiah yang memicu naiknya harga bahan baku yang diimpor, membuat puluhan Aliansi Garda Sriwijaya dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sriwijaya (UNSRI) adakan kegiatan Aksi Mimbar Bebas di Bundaran Masjid Agung Palembang, Kamis (06/09).

Diketahui, hingga saat ini, nilai tukar rupiah telah mencapi Rp 15.000 per Dolar AS. Berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI),  Rupiah  dipatok 14.891 per dolar AS, menguat jika dibanding dengan patokan, Kemarin (05/09) yang ada di angka 14.927 per dolar AS.

“Kita dari Aliansi Garda Sriwijaya yaitu teman-teman dari BEM Universitas Sriwijaya (Unsri) sengaja mengadakan kegiatan mimbar bebas atas apa yang kita ketahui bahwa Indonesia sedang dalam pelemahan rupiah dan kita menanggapi ini sebagai sebuah permasalahan ekonomi,” ujar Presiden Mahasiswa BEM Unsri, Trisno.

Baca Juga :   Sudah Disiapkan Kereta, Tapi Mandek

Trisno juga mengungkapkan, lemahnya Rupiah hingga 15 ribu per Dolar AS dapat menjadi permasalahan bagi Indonesia yang mengandalkan Impor. “Jadi kita membutuhkan lebih banyak uang untuk membeli barang dari luar, baik itu Impor terigu, beras dan sebagainya,” tambahnya.

Lanjutnya, permasalahan tersebut juga menurutnya sangat berdampak kepada masyarakat serta dapat mempersulit masyarakat dalam pendestribusian terkait tingginya harga.

Atas dasar tersebut, dirinya berharap kepada Pemerintah untuk dapat bergerak secara Responsif serta tidak menyalahkan rakyat yang mengkritik dan sebagainya. “Pemerintah haruslah bergerak Responsif bukan Reaktif. Kami ingin mendukung Pemerintah yang mengajak seluruh rakyat untuk menyikapi ini agar tidak terulang di tahun 1998 yang juga mengalami kelemahan yang sama dan terjadinya krisis moneter pada saat itu,” tegasnya.

Baca Juga :   Trans Musi Palembang-Indralaya Hanya 20 Unit

Tidak hanya itu saja, para mahasiswa tersebut juga menuntut Pemerintah untuk dapat menstabilkan rupiah.

“Ini jangan sampai naik lagi agar tidak memiliki efek dominan lebih banyak lagi untuk perekonomian Indonesia, sehingga Indonesia dapat lebih baik lagi,” pungkasnya. (Wira)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here