Beranda Palembang DCT keluar, Gubernur dijabat PJ atau PLH

DCT keluar, Gubernur dijabat PJ atau PLH

Tanggal : Pukul :
707
0
Plt Karo Otda Sumsel Darul Effendi

Palembang, Detik Sumsel-Terkait jabatan Gubernur Sumsel yang dijabat Alex Noerdin yang juga direncanakan akan menjadi calon legislatif (Caleg) dari Partai Golkar, dalam aturannya UU No 7 tahun 2017 Kepala Daerah atau wakil kepala daerah harus mengundurkan diri, begitu juga Alex Noerdin Harus mengundurkan diri menjadi Gubernur Sumatera Selatan.

Berdasarkan Informasi dari angota KPU Sumsel Ahmad Nafi mengatakan harus mengundurkan diri dari jabatannya jika ingin maju di Pileg. “Jabatan Gubernur Sumsel harus dilepas sebelum tanggal 20 September mendatang. Ini sesuai dengan peraturan KPU,” kata Nafi saat dihubungi via whatsapp

Sementara itu , Plt Kepala Biro Otonomi Daerah (Karo Otda) Sumsel, Darul Effendi mengatakan tidak boleh ada kekosongan pemerintahan, ia sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat, kemungkinan akan ada Penjabat (PJ) atau Pelaksana Harian (PLH), namun sampai saat ini belum menerima SK baik pemberhentian Alex Noerdin sebagai Gubernur ataupun SK pengganti sebagai PJ, atau PLH.

“Maka kami belum dapat pastikan akan ada PJ atau Plh, berkaitan akan ada pelantikan Gubernur yang baru sampai saat ini kita belum menerima radiogram, atau telegram dari kementerian, apakah tanggal 27 atau tanggal lain,” ungkapnya saat di temui di ruang kerjanya (10/8)

Untuk masalah siapa yang akan menjadi Plh atau PJ Gubernur Sumsel sedangkan pelantikan Gubernur Sumsel belum diketahui kapan dilaksanakan, ia belum bisa memastikan bahwa siapa yang akan menjadi PJ Atau Plh Gubernur.

“Kita belum bisa beradai-andai karena ini adalah hak mutlak presiden, tapi sebetulnya syarat utama untuk Gubernur adalah pejabat ASN eselon 1, kalau di Provinsi Sumsel eselon 1 adalah sekda, tapi kita lihat nanti apakah sekda atau dari kementerian, sampai saat ini kita belum ada kepastian itu” bebernya

“Yang utama nantinya begitu pengumuman DCT sudah ada PJ atau Plh disana,” Pungkasnya (fir)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here