Pasang Iklan Detik Sumsel
Beranda Olahraga Cari Bibit Pemain, Pertamina Gelar Festival Sepakbola SD Tingkat Sumsel

Cari Bibit Pemain, Pertamina Gelar Festival Sepakbola SD Tingkat Sumsel

Tanggal : Pukul :
651
0
Para peserta sepakbola SD berpoto bersama dengan panitia pelaksana (Maya/detiksumsel.com)

Palembang, Detik Sumsel – Atlet sepakbola tidak hanya didominasi kalangan dewasa, bibit dan bakat pesepakbola harus ditanam sejak dini. Minat, bakat dan kemampuan pesepakbola jika dilatih sejak dini tentunya akan menelurkan bibit-bibit atlet handal dan potensial di masa mendatang.

Untuk itu, Badan Pembina Olahraga Pertamina RU III Plaju menggelar Festival Sepakbola SD se-Sumatera Selatan. Ada 32 peserta di tingkat sekolah dasar yang ikut serta dalam kompetisi U-10 tersebut.

“Kami sudah menggelar kompetisi sepakbola ini sejak 13-15 Desember. Dan kami menggelar kompetisi U-10 ini sebagai upaya untuk menggali potensi bagi siswa SD dimana pada usia ini akan membentuk keinginan siswa untuk semakin tertata dan minat dalam olahraga sepakbola,” kata Yulinas, Ketua Bapor RU III Plaju, usai penyerahan juara Festival Sepakbola SD se-Sumsel, Minggu (15/12).

Diakuinya, kompetisi penelusuran minat dan kemampuan ini sebenarnya dilakukan rutin setiap tahun, namun untuk klasifikasi usia yang berbeda-beda.

“Kami ingin cari bibit-bibit atlet pesepakbola muda dan potensial. Kita kompetisikan mereka agar kita bisa menjaring mereka untuk masuk dan bergabung ke klub sepakbola yang akan kita buka tahun depan. Sehingga kita bisa dapat atlet yang benar-benar terbaik sehingga bisa dilatih dan dikompetisikan jika ada kegiatan sepakbola ditingkat provinsi ataupun nasional,” ucapnya.

Adapun rencananya klub itu akan terdiri dari U-10, U-12, U-16, U-18 dan U-20. “Berdasar catatan kita, kita sendiri sudah ada binaan sebanyak 75 orang. Mereka inilah yang sudah berkompetisi hingga tingkat nasional dan mewakili Sumsel. Dan tahun depan akan kita klasifikasikan klub berdasar usia,” jelasnya.

Ditambahkanya, kompetisi serupa juga akan digelar di tahun mendatang, saat momen HUT Pertamina. Ditambahkan Ketua Cabor Futsal dan Sepakbola Bapor Pertamina RU III, Suroyanto menuturkan, pihaknya menggelar kompetisi untuk U-10 agar anak-anak muda ini lebih mencintai dunia olahraga.

Sebab saat ini, anak muda sangat rentan terpapar dengan kemajuan IT, terutama gadget.

“Gadget itu kan tantangan besar. Bagaimana caranya sekarang agar anak-anak muda ini lebih suka belajar dan berolahraga dibanding bermain gadget. Karenanya kita buka kompetisi bola untuk mereka,” jelasnya.

Dalam kompetisi tersebut, SD Negeri 15 Palembang berhasil menyabet juara I, sementara SD Islam Terpadu Auladi merebut juara II, SD Negeri 225 Plaju berhasil mendapat juara III dan SD Patra Mandiri 2 mendapat juara IV.

“Masing-masing pemenang mendapat uang pembinaan, tropi dan medali. Untuk memberikan semangat bermain sepakbola, kami juga sediakan anggaran untuk membuat seragam tim sepakbola,” tandasnya. (May)

Hendri Zainuddin, Anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here